Mahasiswa Teknik Informatika UIR Raih Gold Award dari UiTM Malaysia

  • by Redaksi
  • Sabtu, 04 Desember 2021 - 22:27:38 WIB

 

Seriau,- UIR kembali bicara banyak di kancah Internasional. Visi menjadi Universitas Islam Berkelas Dunia bergema dalam perhelatan International C-PROM 2021 yang ditaja oleh Universiti Teknologi MARA (UiTM) Malaysia.

Kompetisi internasional yang diikuti oleh berbagai negara ini melombakan Competitive Programming Competition yakni kompetisi menyelesaikan suatu masalah secara algoritmik dengan cara menulis program komputer yang harus dapat menghasilkan jawaban dalam jangka waktu tertentu.

Dalam ajang tersebut, Prodi Teknik Informatika UIR yang dipimpin oleh Dr. Apri Siswanto, S.Kom.,M.Kom mengutus tim yang dibimbing langsung oleh Direktur Direktorat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (DPPM) UIR, Dr. Arbi Haza Nasution.,B.IT.,M.IT yang berhasil menyabet Gold Award pada kategori Competitive Programming Competition.

Tim yang beranggotakan mahasiswa Prodi Teknik Informatika, Roni Armada, Muhammad Darmawan, dan Furizal berhasil menjawab 8 problem dari 10 problem set yang disediakan dengan menggunakan bahasa pemrograman C++ dan Python dalam waktu 3 jam (09.00-11.59 am).
“Awalnya kami mengalami kesulitan dengan penggunaan bahasa pemrograman Python, hasilnya 2 jam pertama terbuang dengan sia-sia dengan hanya menyelesaikan 1 problem karena mengatasi run- error  (bukan wrong- answer) pada saat testing program di sistem.” ungkap Furizal

Sempat tertinggal dari peserta negara lain karena harus menuntaskan Run-Error pada sistem,  namun dengan kerja tim yang solid ditambah pengalaman serta ketenangan dalam pemecahan masalah, tim prodi teknik informatika UIR mampu menyelesaikan 7 problemset dalam kurun waktu tersisa 60 menit terakhir dan berhasil menuntaskan 8 dari 10 problemset yang tersedia.

Kompetisi yang diadakan pada hari Sabtu, 4 Desember 2021 di Malaysia ini juga turut dihadiri oleh Rektor UiTM yaitu Prof. Madya. Ts. Dr. Shukor Sanim bin Mohd Fauzi dan dalam kesempatan yang serupa,

Rektor UIR; Prof. Dr. H. Syafrinaldi, SH.,MCL pun turut mengapresiasi keberhasilan ini. “ Alhamdulillah. Selamat dan sukses untuk mahasiswa TI UIR, KaProdi dan Dekanat Fakultas Teknik. Kami bangga dg prestasi ini.” Sambut Rektor UIR.

Kompetisi bergengsi bagi para programmer pemula ini memperbolehkan untuk menggunakan 3 bahasa pemograman yaitu C++, Java dan Python dengan keragaman tingkat kesulitan dan pemecahan masalah serta tantangan pembuatan bahasa pemograman sebagai solusi dan nilai akhir dari kompetisi ini.

Dalam iklim kompetisi internasional yang sangat ketat, mahasiswa program studi teknik informatika UIR mampu bicara banyak di level internasional. Torehan prestasi ini kembali menambah banyaknya jejeran prestasi mahasiswa Universitas Islam Riau dalam level Internasional sebagai bentuk jawaban dari Visi UIR 2041; Menuju Universitas Islam Berkelas Dunia berbasis Iman dan Takwa. (rsl/zal)