Cegah Karhutla, Polsek Kerumutan Cek Alat Pemadam Milik PT SLS


SeRiau - Dalam upaya mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), Polsek Kerumutan periksa kesiapan peralatan pemadam kebakaran dan kelengkapan milik PT SLS (Sari Lembah Subur), Jumat (5/3/2021)

Kapolsek Kerumutan Iptu Fajri Sentosa MH mengatakan, dari hasil pengecekan yang dilakukan Kanit Binmas Aipda Abel Tarigan, pihaknya memastikan kesiapan dari PT SLS sudah cukup memadai. 

"Jika terjadi Karhutla, baik embung tempat penampungan air, mesin ministraker, selang, pakaian pemadam api, sepatu khusus untuk pemadaman api termasuk ketersediaan mobil tanki yang digunakan untuk pemadaman api area jauh. Bahkan mereka memiliki ketersediaan alat pemadam api ringan di setiap ruangan," ujarnya.

Ia pun m memastikan alat untuk pemadam kebakaran tersebut dalam kondisi baik dan berfungsi.

Menurut Iptu Fajri pengecekan kelengkapan pemadaman ini sangat penting dilakukan mengingat masyarakat di Kecamatan Kerumutan mayoritas petani. Khusus peladang mereka biasanya melakukan aktifitas sehari-hari di ladang ketika musim kemarau. Untuk itu, pihaknya bersama perusahaan terkait gencar melakukan imbauan agar waspada kebakaran hutan dan lahan.

"Kami tetap melakukan monitoring lapangan terutama aktivitas pertanian di Kecamatan Kerumutan. Ini untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan yang mengakibatkan asap pekat," pungkasnya. (**H)