Pemeran James Bond Sean Connery Meninggal Dunia di Usia 90

  • by Redaksi
  • Sabtu, 31 Oktober 2020 - 20:40:01 WIB

SeRiau - Pemeran James Bond, Sean Connery dikabarkan meninggal dunia di usia 90 tahun pada Sabtu (31/10).

Melansir dari Variety, kabar berpulangnya Connery telah dikonfirmasi oleh keluarganya. Kendati demikian pihak keluarga tidak menyebutkan secara gamblang penyebab kematian salah satu aktor terbaik sepanjang masa itu.

Aktor kelahiran Skotlandia ini menjadi salah satu bintang film internasional paling populer pada masanya. Connery, yang telah lama dianggap sebagai salah satu aktor terbaik yang memerankan mata-mata ikonik, dianugerahi gelar bangsawan oleh Ratu Elizabeth II pada tahun 2000 silam.

Connery disebut sebagai aktor favorit penonton selama lebih dari 40 tahun dan juga didapuk sebagai salah satu pria terkemuka di layar yang paling andal dan unik.

Connery pun tercatat memerankan ragam film yang laris di layar kaca. Setelah menjadi pigeonholed sebagai Agen 007 dari karakter garapan Ian Fleming, ia kemudian memulai karakter melenceng seperti di film The Wind and the Lion, The Man Who Would Be King dan Indiana Jones and the Last Crusade.

Connery tercatat sebagai aktor pertama yang membawa peran James Bond ke layar lebar, yang kemudian dilanjutkan oleh aktor lain seperti Roger Moore, Daniel Craig dan Pierce Brosnan. Connery pun tercatat tampil di tujuh film thriller mata-mata di antaranya Dr No, From Russia with Love dan Goldfinger.

Perannya sebagai polisi Irlandia yang tangguh di era Depresi Chicago dalam film Brian De Palma tahun 1987 yang bertajuk The Untouchables membuatnya menyabet piala Oscar sebagai aktor pendukung terbaik pada 1988. Kariernya yang moncer turut membuatnya terpilih menjadi 'Pria Terseksi Abad Ini' pada 1999 dari majalah People.

Pamor Connery terus meroket dengan populernya sekuel From Russia With Love, Goldfinger dan Thunderball, dan belasan ragam film laga yang lain. Namum kariernya mulai meredup saat Connery dinilai melakukan kesalahan dengan bermain dalam film Zardoz. (**H)


Sumber: CNN Indonesia