Pep Guardiola Disindir Sukses karena Beruntung


SeRiau - Pep Guardiola disindir sebagai pelatih yang beruntung saat meraih banyak sukses bersama Barcelona. Guardiola dianggap tinggal melanjutkan warisan Frank Rijkaard.

Guardiola tercatat sebagai pelatih Barcelona tersukses sepanjang sejarah setelah merebut 14 gelar sepanjang 2008 hingga 2012. Barcelona era Guardiola juga dianggap sebagai tim terbaik sepanjang sejarah.

Guardiola saat ini disebut sebagai salah satu pelatih terbaik di dunia. Namun, legenda Barcelona Hristo Stoichkov menganggap Guardiola beruntung bisa melanjutkan skuat Azulgrana dari Rijkaard.

"Barcelona sudah matang. Pekerjaan Guardiola mudah, karena dia sangat tahu infrastruktur sistem tim junior. Frank Rijkaard yang membentuk skuat saat Guardiola mengambil alih," ujar Stoichkov dikutip dari Marca.

"Lionel Messi dan pemain lain debut bersama Rijkaard. Hasil spektakuler Barcelona tetap akan terjadi dengan atau tanpa Guardiola," sambung Stoichkov.

Selain Messi, Guardiola ketika itu memiliki banyak pemain hebat di skuat Barcelona, termasuk Deco, Thierry Henry dan Carles Puyol.

"Barcelona ketika itu punya Thierry Henry, Deco, Ronaldinho, Rafael Marquez, Carles Puyol dan Victor Valdes. Ada sedikit pemain yang harus dipindahkan Guardiola, tapi kemudian Andres Iniesta dan Pedro Rodriguez masuk. Kemudian Messi mendapat waktu bermain lebih banyak dan tim menjadi lengkap," ucap Stoichkov.

Sejak meninggalkan Barcelona, Guardiola tidak bisa mengulangi kesuksesan di Camp Nou meski melatih klub kaya: Bayern Munchen dan Manchester City. Guardiola hanya menjadi penguasa domestik bersama Munchen dan Man City, gagal mengulangi sukses menjadi juara Liga Champions seperti di Barcelona. (**H)


Sumber: CNN Indonesia