Perdana, FAI UIR Pelopori Buka Puasa Bersama Secara Daring


 

Seriau,- Terobosan baru dilakukan Fakultas Agama Islam Universitas Islam Riau (FAI UIR). Di tengah pandemi Covid-19, kegiatan buka puasa bersama tetap dilakukan sama seperti Ramadhan tahun-tahun sebelumnya. Bedanya tahun ini Dekan FAI dan beberapa dosen melaksanakan acara berbuka melalui online/daring. Rektor UIR Prof Dr H Syafrinaldi, SH, MCL juga turut serta dalam program tersebut.

Acara yang dimulai pada pukul 17.00 wib Ahad (03/05 2020) itu dibuka oleh Protokol Dr Saproni. Dilanjutkan pembacaan ayat-ayat suci al Qur'an bersama Harif Supriady. Setelah itu sambutan dari Dekan FAI Dr Zulkifly Rusbi serta Rektor Syafrinaldi. Lalu tausiah Ramadhan yang disampaikan Dr Miftah Syarif. Diakhir acara jelang beduk berbuka tampil pula Ary Antoni untuk membacakan doa. Setelah itu Rektor, Dekan dan dosen-dosen berbuka masing-masing di rumah.

Menurut Dekan Zulkifly Rusbi, kegiatan berbuka puasa ini merupakan progran rutin FAI. Hanya saja karena sekarang kita sedang menghadapi wabah virus corona maka acara dilaksanakan secara daring/online. ''Alhamdulillah semua yang kita rencanakan berjalan lancar. Kami berterima kasih kepada Pak Rektor yang berkenan hadir sekaligus memberi sambutan,'' kata Zulkifly Rusbi.

Zulkifly berpesan kepada civitas akademika FAI supaya mengambil hikmah atas bencana corona yang melanda negeri ini. Walau acara berbuka ini dilakukan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya bukan berarti program berbuka tidak berjalan. Masih ada tekhnologi yang mempersatukan kita. Begitu pun dengan semangat kita memajukan Fakultas Agama Islam. Mari kita manfaatkan media sosial untuk berbuat lebih maksimal meraih kemajuan.

''Ujian dan cobaan dari Allah akan datang silih berganti sesuai dengan massanya. Termasuk wabah corona. Tapi yakinlah Allah pula yang akan mengakhirinya. Karena itu di bulan suci ini mari terus kita berdoa, meminta kepada Illahi Robbi agar pandemi ini segera berakhir sehingga kita dapat kembali beraktivitas seperti biasa,'' ujar Zulkifly Rusbi.

Hal senada juga disampaikan Rektor Syafrinaldi. Mantan Dekan Fakultas Hukum itu berpesan supaya seluruh civitas akademi UIR tetap bekerja keras, saling bahu membahu memajukan universitas. Apalagi tantangan yang kita hadapi di era Covid-19 jauh lebih berat dari masa-masa sebelumnya. Ia menyambut baik kegiatan berbuka puasa bersama yang dipelopori Fakultas Agama Islam.

''Mudah-mudahan fakultas lain juga melaksanakan acara berbuka sama seperti yang dilakukan FAI. Selamat berbuka puasa,'' kata Rektor di akhir sambutannya.

Turut hadir dalam acara berbuka secara daring itu antara lain Dr Hamzah, Syahraini Tambak, Bahril Hidayat, Muhammad Arif, Rojja Pebrian, Raihana, Najmi Hayati,  Alfitru, Dian Tri Utami, Daharmi Astuti, Alfitri dan Alucyana Irawan.(zal)