Sampul Gambar Jokowi-Pinokio, Pandangan Warganet Terbelah

  • by Redaksi
  • Senin, 16 September 2019 - 13:26:31 WIB
Sampul majalah Tempo

 

SeRiau - Warganet penghuni jagad Twitter mendadak ramai mencuitkan tagar #pinokio pada Senin, 16 September 2019. Perbincangan ini berawal dari sampul majalah Tempo yang menampilkan karikatur presiden Jokowi dengan bayangannya yang berhidung panjang mirip karakter Pinokio. 

Dalam sampul berwarna dasar abu-abu itu tertulis Janji Tinggal Janji dengan keterangan yang mempertanyakan bahwa presiden ingkar janji perihal penguatan komisi pemberantasan korupsi. Sampul ini untuk edisi 16-22 September 2019.

Pinokio sendiri berasal dari Bahasa Italia: Pinocchio, yakni karakter boneka kayu ciptaan kakek Geppetto dalam cerita petualangan Pinokio karangan Carlo Collodi. Diceritakan, karena suka berbohong, maka hidung Pinokio semakin memanjang.

Sampul majalah Tempo dengan gambar Jokowi dan bayangannya yang berhidung panjang mirip Pinokio ini menimbulkan interpretasi beragam dari warganet.

Ada yang menilai ini pelecehan ada pula yang menyikapinya dengan perspektif lain. Salah satu warganet menyebut agar jangan tertipu dengan sampul majalah. Akun atas nama Abi Hasantoso @TheREAL-Abi mencuit bahwa isi majalah itu tak sesuai dengan sampul. 

"Hati-hati ditipu cover, baca laporan utama terbaru majalah berita ini via PDF. Isi tak sesuai dengan sampul. Tak ada bahasan janji presiden. Malah bahas ketua KPK yang baru Firli Bahuri. Soal Revisi UU KPK cuma ada dua artikel, itu pun wawancara dan opini," cuit Abi Hasantoso. Ia bahkan menambahkan sindiran tentang strategi marketing dari Tempo sendiri: "Sebegitunya jualan," tulisnya. 

Begitu pula warganet Nadirsyah Hosen @na_dirs yang mengutarakan sudut pandangnya bahwa gambar sampul Tempo tersebut memiliki pesan yang kuat, dan Jokowi semestinya tak tersinggung karena kritik dalam demokrasi adalah hal penting. “Cover majalah Tempo ini artistik. Yang hidungnya panjang kayak Pinokio adalah bayangan Jokowi, bukan gambar Jokowinya. Ada mesej yg kuat, tanpa melecehkan. Saya yakin Pak @jokowi tidak perlu tersinggung. Kritikan yg artistik dan argumentatif itu perlu dalam demokrasi”.

Sementara itu, terkait dengan gambar sampul Jokowi dan bayangan mirip Pinokio tersebut, masyarakat yang mengatasnamakan Keluarga Besar Joman Jokowi Mania siang ini, Senin, 16 September 2019, rencananya akan menggelar pertemuan membahas isu tersebut di Gedung Dewan Pers. 
 

 

 


Sumber VIVA.co.id