Kembali Erupsi, Status Gunung Agung Ditingkatkan Jadi Siaga

  • by Redaksi
  • Ahad, 30 Desember 2018 - 05:32:18 WIB

SeRiau - Badan Geologi Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menaikkan status Gunung Agung, di Bali dari waspada menjadi siaga setelah mengalami erupsi. Erupsi Gunung Agung sendiri terjadi pada pagi ini sekira pukul 04.09 WITA.

"Telah terjadi erupsi Gunung Agung Bali pada tanggal 30 Desember 2018 pukul 04.09 WITA, namum tinggi kolom abu tidak teramati," kata mantan Kabag Humas BMKG, Harry Tirto Djatmiko melalui keterangan resminya, Minggu (30/12/2018).

Menurut Kabid Manajemen Observasi Meteorologi Penerbangan BMKG tersebut, erupsi Gunung Agung terekam di seismogram dengan amplitudo 22 milimeter. Adapun, durasi erupsi Gunung Agung terjadi selama sekira tiga menit.

"Saat ini, Gunung Agung berada pada status level III atau siaga," ungkap Harry Tirto.

Masyarakat, pendaki, serta wisatawan yang berada disekitar Gunung Agung diminta ‎agar segera melakukan evakuasi. Kata Harry, zona perkiraan bahwa Gunung Agung dalam radius 4 kilometer dari kawah puncak.

"Zona perkiraan bahaya sifatnya dinamis dan terus dievaluasi dan dapat diubah sewaktu-waktu mengikuti perkembangan ata pengamatan Gunung Agung yang paling atual atau terbaru," tambahnya.

Selain itu, Harry mengingatkan agar warga yang berada di aliran sungai yang berhulu dari Gunung Agung agar mewaspadai potensi ancaman bahaya seunder berupa aliran lahar hujan.

"Area landaan aliran lahar hujan mengikuti aliran-aliran sungai yang berhulu di Gunung Agung," pungkasnya. (**H)


Sumber: Okezone