Tsunami di Palu, Menhub: Kapal di Pelabuhan Terlempar 70 Meter

  • by Redaksi
  • Jumat, 28 September 2018 - 23:22:15 WIB

SeRiau - Tsunami menerjang Palu, ibu kota Sulawesi Tengah, pasca gempa M 7,4 pada Jumat sore (28/9/2018). Menurut Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, tsunami tersebut mengakibatkan sejumlah kapal yang sandar di Pelabuhan Palu terlempar.

"Ada kapal yang kebetulan sandar di pelabuhan terlempar kira-kira 70 meter," ujar Menhub Budi Karya kepada detikFinance, Jumat malam (28/9/2018).

Menhub menjelaskan kapal yang bersandar di pelabuhan milik PT Pelni (Persero), dan saat peristiwa tersebut terjadi tak ada orang di dalam kapal.

Cuma, Menhub belum bisa memastikan kondisi pelabuhan di Palu saat ini. Sebagai informasi, pelabuhan di Palu bernama Pantoloan yang dikelola PT Pelindo IV.

Sebelumnya Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan, berdasarkan hasil pengamatan di lapangan, terlihat kenaikan air laut setinggi 6 cm di Mamuju. Selain itu, tsunami teramati di Palu. Muka air terpantau naik pada pukul 17.22 WIB.

"Kemudian juga terpantau dari saksi mata di lapangan, ketinggian 1,5 meter dari pengamatan lapangan pantai Palu," ujar Dwikorita di kantor BMKG, Jl Angkasa, Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (28/9/2018). (**H)


Sumber: detikFinance