FKIP UIR Seminarkan Pembelajaran Berbasis ICT Agar Siswa tak Takut Belajar Matematika


 

SeRiau - Langkah maju diambil Prodi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Riau. Untuk menghindari peserta didik tidak takut belajar matematika, FKIP UIR menggelar seminar nasional bertajuk, 'Peranan ICT dalam Pembelajaran Matematika Era Digital'.

Seminar yang berlangsung di Gedung Pascasarjana UIR itu dibuka Rektor Prof. Dr. H. Syafrinaldi, S.H., M.C.L pada Rabu (29/8). Hadir dalam pembukaan seminar Wakil Rektor I Dr. H. Syafhendry, Wakil Rektor III Ir. H. Rosyadi, Dekan FKIP Drs. H. Alzaber, dosen dan ratusan mahasiswa serta guru-guru bidang studi Matematika. Seminar menghadirkan sejumlah nara sumber. 

Mereka adalah Prof. H. Yaya S. Kusumah, M.Sc., Ph.D. Direktur Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia itu menyampaikan pokok-pokok pikiran 'Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa/Mahasiswa dalam Menghadapi Era Teknologi Digital'. Selain itu Prof. Dr. Ahmad Fauzan, M.Pd., M.Sc dengan judul makalah 'Pemanfaatan Teknologi untuk Menstimulasi Kemampuan Berpikir Matematis Siswa'. Sementara dari FKIP tampil Dr. Hj. Zetriuslita, S.Pd., M.Si (Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Geogebra dalam Memfasilitasi Pengembangan Sikap Curiosity Matematika). Serta H. Abdul Jamal, MPd sebagai Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru.

Ketua Pelaksana Seminar, Dr. Hj. Zetriuslita menyebutkan, perkembangan Informasi, Komunikasi dan Teknokogi (ICT) di era degital saat ini, telah memberi manfaat besar dalam pendidikan khususnya dalam pembelajaran. Pembelajaran ICT di lingkungan sekolah/universitas merupan hal yang sangat penting karena meningkatnya kebutuhan informasi dan komunikasi dalam berbagai keperluan.

ICT  yang secara sederhana disimbolkan oleh perangkat komputer dan jaringan internet serta perangkat komunikasi, telah banyak dimanfaatkan untuk meningkatkan produktivitas kerja para pelajar mulai dari sekolah dasar hinhh perguruan tinggi. Rls