Menko Puan: UMKM Sudah Mulai Rasakan Dampak Asian Games

  • by Redaksi
  • Sabtu, 18 Agustus 2018 - 00:45:10 WIB

SeRiau - Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Puan Maharani mengklaim para pelaku UMKM telah mulai merasakan dampak penyelenggaraan Asian Games. Dengan diadakannya kirab obor (torch relay) Asian Games di 18 provinsi, para pelaku UMKM merasakan dampak baiknya secara ekonomi.

Puan menegaskan bahwa keberhasilan penyelenggaraan pesta olahraga se-Asia ini juga merupakan keberhasilan seluruh rakyat Indonesia, bukan hanya pemerintah pusat dan pemerintah daerah.

"Impact ekonomi di 18 provinsi dengan torch relay mulai terlihat. Banyak masyarakat merasakan, khususnya UMKM berjalan baik dan ada peningkatan ekonomi dengan torch relay," ucap Puan saat konferensi pers di Jakarta, Jumat (3/8).

Obor Asian Games dibawa dan diarak ke puluhan kota di 18 provinsi. Terakhir, obor ini akan dibawa ke GBK saat pembukaan Asian Games pada 18 Agustus nanti.

Puan akan mengukuhkan atlet kontingen Indonesia pada Minggu (5/8) mendatang. Agenda ini sekaligus persiapan sebelum para atlet diterima Presiden Joko Widodo pada 10 Agustus nanti. Saat ini, 70 persen atlet kontingen Indonesia berada di Indonesia dan 30 persen lainnya masih mengikuti pemusatan latihan di luar negeri.

"Sebelum tanggal 10 akan tiba di Indonesia. Minta kelapangan dari masyarakat dan stakeholders yang kena imbasnya Asian Games. Event ini hanya dua minggu dan event bersama dan mari sama-sama kita sukseskan," imbaunya.

Dia mengajak seluruh masyarakat menyukseskan agenda internasional ini karena akan berdampak bagi perekonomian masyarakat. "Akan bisa menambah peningkatan ekonomi mikro atau UKM di semua hal yang berkaitan dengan Asian Games," pungkasnya. (**H)


Sumber: merdeka.com