Stand UIR di Indonesia Expo Padang 'Diserbu' anak SMA


 

SeRiau -  Indonesia Favorite Campus  Expo 2018 seri Sumatera Barat, Riau, Jambi dan Kepulauan Riau yang mendapat dukungan dari Kopertis Wilayah X berlangsung di Gedung Rohana Kudus GOR Agus Salim Kota Padang Selasa-Kamis (24-26/7).

Ratusan pelajar dan siswa berbondong-bondong menghadiri acara Pembukaan yang dilakukan Kepala Dinas Pendidikan Sumatera Barat Drs. Burhasman mewakili Gubernur Irwan Prayitno.

Ada 18 perguruan tinggi  yang membuka stand di expo itu. Antara lain Universitas Islam Riau, Universitas Muhammadiyah Riau, Universitas Gunda Dharma, STIKES dharma Lanbouw Padang, UT Padang, STIKES Printis Padang, Universitas Budi Luhur, Esa Unggul, Universitas International Batam, Universitas Batam, Management & Science University, STIKIP Al Azhar Diniyah, Perguruan Diniyah, Universitas Al Azhar, Universitas Bung Hatta, ATIP, STIAMI dan Universitas Padang.

Di pameran ini, pelajar dan siswa SMA akan mendapat beragam informasi tentang perguruan tinggi swasta. Bahkan Universitas Islam Riau menampilkan seleksi penerimaan mahasiswa baru gelombang kedua dengan pola CBT (Computer Base Test).

''Kita sengaja membawa pola CBT ini ke arena pameran. Kalau ada calon mahasiswa yang berminat mendaftar langsung kita seleksi di tempat. Caranya mudah mereka cukup membeli PIN, kemudian ikuti testing. Hasilnya bisa langsung diketahui di tempat,'' kata Rektor UIR Prof. Dr. H. Syafrinaldi, S.H., M.C.L di arena pameran, Selasa siang.

CBT, tambah Rektor, sudah banyak digunakan perguruan tinggi swasta dalam seleksi penerimaan mahasiswa baru. CBT Di sengaja diperkenalkan oleh UIR untuk mempermudah calon mahasiswa yang belum terdaftar sebagai mahasiswa. ''Mahasiswa UIR itu juga banyak yang berasal dari Sumatera Barat. Ini juga yang menjadi pertimbangan kita memperkenalkan CBT ke masyarakat Sumbar,'' tambah Rektor.

Di Expo 2018 Rektor didampingi Wakil Rektor I Dr. H. Syafhendry, Wakil Rektor II Ir. Asrol, Wakil Rektor III Ir. Rosyadi, Kepala Biro Keuangan Azwirman, SE., M.Acc, Kepala Biro Administrasi Umum dan Personalia Zakir Has, S.H., M.Pd, Kepala BAAK Akmar Effendi, MKom, Wakil Dekan III Fakultas Teknik Ir. Syawaldi, Sekretaris BPPA Fahridar, Kepala Tata Usaha Kantor International Office Eka M. Putera dan Kepala Bagian Humas dan Protokoler Dr. H. Syafriadi.

Dalam pameran ini, selain menampilkan CBT UIR sekaligus memperkenalkan sejarah dan perkembangan universitas tertua dan terbesar di Kopertis Wilayah X itu. Juga membawa alat-alat tekhnologi dari Fakultas Teknik dan Pertanian tak terkecuali pompa angguk mini Prodi Teknik Perminyakan. Di luar itu dipamerkan pula produk kerajinan mahasiswa Fakultas Agama Islam. 

Kehadiran stand UIR diapresiasi positif oleh pelajar dan siswa. Mereka dengan antusias menyerbu stand UIR dan mengisi buku tamu secara tertib.  Menerima souvenir dari penjaga stand. Diantara mahasiswa ada yang berkomentar, 'UIR keren'. Beberapa orang diantaranya mengaku tertarik masuk ke UIR setelah selesai di SMA.

''Saya duduk kelas XII Pak. Saya minat masuk UIR  tahun depan Pak. Kampusnya keren,'' celetuk seorang pengunjung kepada penjaga stand.*rls