Piala Dunia 2018

Kalahkan Inggris, Belgia Jumpa Jepang di 16 Besar


SeRiau - Timnas Belgia berhasil jadi juara grup G Piala Dunia 2018 setelah menang 1-0 atas Inggris di Stadion Kaliningrad, Kamis (28/6).

Kemenangan tersebut membuat Belgia mengakhiri babak penyisihan dengan poin sempurna, sembilan. Status juara grup akan mengantar Belgia berjumpa Jepang di babak 16 besar. Sementara itu Inggris akan bertemu Kolombia yang merupakan juara grup H.

Duel Inggris lawan Belgia berjalan membosankan di babak pertama. Tak banyak peluang yang tercipta dalam laga yang bertajuk big match ini.

Peluang terbaik di babak pertama adalah saat tendangan Michy Batshuayi di muka gawang Inggris nyaris melintasi garis gawang dalam kemelut yang terjadi. Namun Gary Cahill berhasil membuang bola.

Timnas Inggris sendiri nyaris tanpa peluang di babak pertama. Pemain-pemain pelapis Inggris tidak bisa membahayakan pertahanan Belgia.

Masuk ke babak kedua, situasi pertandingan berubah begitu Adnan Januzaj mampu mencetak gol di menit ke-51. Januzaj menunjukkan kemampuan individu yang luar biasa di balik gol ini.

Ia sukses melepaskan tembakan kaki kiri ke arah tiang jauh yang tak bisa diadang oleh Jordan Pickford. Tempo permainan kembali jadi lebih cepat setelah gol ini tercipta.

Inggris berusaha memberikan serangan balasan dan peluang terbaik mereka ada di menit ke-66. Jamie Vardy dengan cerdas mengirim umpan terobosan ke arah Marcus Rashford.

Penyerang belia itu berhadapan satu lawan satu dengan Thibaut Courtois namun tidak mampu mencetak gol karena tembakannya berhasil ditepis oleh kiper Belgia tersebut.

Pelatih Inggris, Gareth Southgate memutuskan untuk memasukkan Danny Welbeck menggantikan Alexander-Arnold untuk meningkatkan daya gedor di menit ke-79.

Tiga menit kemudian, Welbeck sukses melepaskan tembakan keras yang mengarah ke gawang, namun Fellaini mampu membendung tembakan itu.

Belgia nyaris menggandakan keunggulan di menit ke-88. Dries Mertens yang baru masuk ke lapangan melepaskan tembakan keras dari luar kotak penalti namun Jordan Pickford bisa membendung tembakan tersebut dengan baik.

Laga pun berakhir dengan skor 1-0 untuk Belgia. (**H)


Sumber: CNN Indonesia