PKS Siap Koalisi dengan Gerindra Asal Dapat Kursi Cawapres

Presiden PKS Sohibul Iman

SeRiau - Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sohibul Iman mengatakan bahwa pihaknya akan berkoalisi dan mendukung penuh pencalonan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto sebagai calon presiden 2019 asalkan mendapatkan kursi calon wakil presiden.

"Mereka pun tahu bahwa PKS siap koalisi dengan Gerindra dengan salah satu syarat adalah cawapres diambil dari sembilan kader PKS tersebut," kata Sohibul saat dihubungi wartawan Rabu (11/4).

Sebelumnya Majelis Syuro PKS telah menyiapkan sembilan nama kader internal sebagai calon presiden dan calon wakil presiden.

Kesembilan nama itu adalah Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan; Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid; Fungsionaris PKS M. Anis Matta; Gubernur Sumatra Barat Irwan Prayitno; Presiden PKS Muhammad Sohibul Iman; Ketua Majelis Syuro PKS Salim Segaf Al Jufri; Anggota DPR Tifatul Sembiring; Anggota DPR Al Muzammil Yusuf MS dan Anggota DPR Mardani Ali Sera.

Sohibul mengaku bahwa komunikasi antara PKS dan Gerindra untuk merembukkan bakal calon wakil presiden terjalin sangat intensif. 

Ia berharap PKS dan Gerindra dapat merumuskan dan menemukan figur terbaik dari nama-nama kandidat cawapres di internal PKS sebagai pendamping yang tepat bagi Prabowo.

"Pak Prabowo dan Gerindra sudah tahu bahwa PKS punya sembilan bakal capres dan bakal cawapres," tambahnya.

Sohibul mengaku bahagia melihat Prabowo mengajukan diri lagi menjadi capres untuk kedua kali setelah gagal menang pada 2014 lalu.

"Ini berarti keinginan PKS agar ada capres alternatif di luar petahana itu jadi kenyataan. Sejak awal PKS ingin agar demokrasi kita lebih berkualitas, maka tidak pantas kalau paslon cuma satu," katanya.

Sebelumnya, Partai Gerindra resmi mengusung Ketua Umum Prabowo Subianto sebagai bakal capres 2019-2024. 

Keputusan tersebut diambil usai mendengarkan aspirasi seluruh kader Gerindra yang hadir dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) di Padepokan Garudayaksa, Hambalang, Jawa Barat.

"Atas dasar aspirasi tersebut, maka Partai Gerindra secara resmi mencalonkan Prabowo Subianto sebagai calon presiden dan sekaligus memberikan mandat penuh untuk membangun koalisi dan memilih calon wakil presiden," kata Sekretaris Jenderal Gerindra Ahmad Muzani dalam keterangan tertulis, Rabu (11/4). (**H)


Sumber: CNN Indonesia