MENU TUTUP

Kabid PKPLK: Mereka Punya Kelebihan, 74 Siswa SLB Adu Kebolehan Dibidang Seni

Selasa, 25 Juni 2024 | 01:08:29 WIB | Di Baca : 347 Kali
Kabid PKPLK: Mereka Punya Kelebihan, 74 Siswa SLB Adu Kebolehan Dibidang Seni

 

Seriau,- Dinas Pendidikan Provinsi Riau mengelar Festival Lomba Seni Siswa Nasional Peserta Didik Berkebutuhan Khusus (FLS2N-PDBK) tingkat provinsi, Senin (24/6) malam di Hotel Mutiara Pekanbaru.

Lomba adu kebolehan dibidang seni ini diikuti sebanyak 74 siswa dari seluruh kabupaten/kota di Riau. Kegiatan ini berlangung hingga 27 Juni 2024.

Plt Kadisdik Riau diwakili Kepala Bidang PKPLK, Harisman saat membuka kegiatan tersebut mengatakan bahwa kemampuan anak berkebutuhan khusus mengikuti FLS2N PDBK ini tidak kalah dengan anak di sekolah umum. Meskipun mereka punya keterbatasan, namun mereka punya kelebihan sama dengan anak anak normal.

" Saat penampilan seni tadi, bisa kita saksikan mereka punya kemampuan yang luar biasa dibidang seni. Mereka ini punya kelebihan dan ini perlu dilombakan melalui FLS2N PDBK," kata Harisman, Senin (24/6) di Hotel Mutiara Merdeka Pekanbaru.

Pria yang akrab disapa Maman ini melihat FLS2N PDBK ini menjadi salah satu wadah bagi siswa SLB untuk menyalurkan bakat dan minat siswa dalam bidang seni. Lomba ini sekaligus menyaring siswa terbaik mewakili Riau untuk mengikuti FLS2N PDBK ditingkat nasional." Kita ingin memberi ruang kepada siswa berkebutuhan khusus agar mereka mampu mengembangkan bakat dan potensi yang dimiliki," kata Maman

Sementara ketua panitia lomba Misran mengatakan FLS2N PDBK ini memperlombaan 9 cabang seni yakni, lomba menyanyi SDLB, lomba menyanyi SMPLB dan SMALB. Kemudian, lomba melukis SDLB, lomba melukis SMPLB dan SMALB, lomba desain grafis SMPLB dan SMALB.

Selanjutnya, ada juga cabang lomba Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat SMPLB dan SMALB, lomba pantomim SMPLB dan SMALB, lomba cipta komik strip SMPLB dan SMALB, serta lomba cipta dan membaca puisi tingkat SMPLB dan SMALB.

Peserta lomba dalam kegiatan ini ada 74 siswa. Kemudian, ada 74 orang pendamping. Jadi total yang hadir ada 148 orang." Dalam berlomba, para siswa akan dinilai oleh tim juri yang terdiri dari unsur lembaga pendidikan serta praktisi seni," kata Misran

para pemenang, kata Misran berhak mendapat sejumlah hadiah. Untuk juara 1 disiapkan uang tunai sebesar Rp 4,5 juta, juara 2 Rp 3,5 juta dan juara 3 sebesar Rp 2,5 juta." Seluruh pemenang juga menerima piala dan medali. Sementara, seluruh peserta menerima piagam," kata Misran

Tujuan lomba selain menyalurkan bakat dan minat siswa dalam bidang seni, lomba ini juga diselenggarakan untuk menciptakan jiwa kompetitif dalam diri tiap peserta didik berkebutuhan khusus.

Hadir dalam pembukaan FLS2N PDBK 2024 ini, Ketua Dharma Wanita Disdik Riau Puspita Herlianda Roni Rahmat dan Kacabdis Wilayah 3 Disdik Riau Aldela. Diakhir acara juga ditampillan pertunjukan seni oleh siswa SLB. (zal)
 


Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Dua Bersaudara Perenang Riau Aquatic Pekanbaru Raih Medali Emas di Brunei

2

35 Siswa SMA Muhammadiyah 1 Pekanbaru Berkemajuan Lulus SNBT, Dua Siswa Lulus Kedokteran UGM dan UNAND

3

Kerjasama dengan Polda Riau, Faisal Azmi Ajak Warga Dumai Jangan Ikut-ikutan Jadi PMI Ilegal.

4

Bahas Peran Muhammadiyah Untuk Semesta, UMRI Hadirkan Pimpinan Perguruan Tinggi Enam Negara

5

Kabid PKPLK: Mereka Punya Kelebihan, 74 Siswa SLB Adu Kebolehan Dibidang Seni