MENU TUTUP

Ribuan Civitas UMRI Gelar Aksi Dukung Kemerdekaan Palestina

Selasa, 07 Mei 2024 | 16:40:02 WIB | Di Baca : 421 Kali
Ribuan Civitas UMRI Gelar Aksi Dukung Kemerdekaan Palestina

 

Seriau,- Dukung kemerdekaan Palestina, ribuan civitas akademika Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) menggelar aksi damai, Selasa (7/5) pagi. Mahasiswa, dosen hingga karyawan kampus tumpah ruah di halaman kampus menyuarakan aspirasi agar penjajahan Israel di Palestina berakhir.

Ketua Badan Pembina Harian (BPH) UMRI, Prof Nazir, aksi ini menunjukkan betapa pentingnya solidaritas bangsa Indonesia, Persyarikatan Muhammadiyah dan khususnya Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah (PTMA) bergerak bersama memperdulikan masyarakat Palestina.

" Kita bersama menunjukkan keberpihakan yang luar biasa untuk rakyat Palestina agar dalam waktu sesingkat-singkatnya mereka mendapatkan kemerdekaan yang sejati. Dan lenyapkan penjajahan yang dilakukan zionis Israel," ungkap Nazir.

Hal ini sejalan dengan konstitusi Indonesia. Bahkan kemerdekaan adalah hak semua bangsa. Karenanya penjajahan di seluruh dunia harus dihapuskan. Oleh karena itu, ia menilai perjuangan ini sangat penting. Apalagi, ratusan tahun Indonesia dijajah, penderitaannya sangat luar biasa.

Begitu juga di Palestina. Meski penjajahan berlangsung puluhan tahun, namun penderitaannya mungkin berjuta-juta kali lipat dari kita. Karena pembunuhan demi pembunuhan dilakukan setiap saat oleh Israel tanpa perikemanusiaan. Dia berharap, doa ini dikabulkan oleh Allah agar bangsa Palestina segera mendapatkan kemerdekaannya.

Sementara Wakil Rektor III UMRI, Dr Jufrizal Syahri menyebut aksi ini adalah instruksi Forum Rektor PTMA di seluruh Indonesia. Dimana, kegiatan tersebut sebagai pesan kepada dunia bahwa Muhammadiyah dan Indonesia berada bersama-sama dengan masyarakat Palestina.

" Kita mendukung kemerdekaan Palestina dan ingin menyudahi genosida atau penyerangan Israel pada masyarakat Palestina. Kita sudah membantu rakyat Palestina, namun bantuan tidak bisa masuk akibat blokade Israel," ujarnya.

Kita ingin menyampaikan pesan bahwa masalah di Palestina harus jadi fokus dunia. Harus bergerak bersama tanpa ada kata istirahat atau berhenti untuk memperjuangan kemerdekaan Palestina.

Dijelaskan dia, saat milad Muhammadiyah beberapa waktu lalu, ada bantuan sebesar Rp 1 miliar yang dikumpulkan dari berbagai pihak dan dikirim ke rakyat Palestina yang disalurkan lewat Lazismu. Bahkan, bantuan logistik telah dikirim ke perbatasan Palestina. Namun, ada yang terkendala karena dihambat Israel.

Dia berharap blokade Israel segera dibuka agar bantuan-bantuan dari sejumlah pihak bisa sampai kepada rakyat Palestina. Aksi yang dilakukan oleh sivitas akademika UMRI dan PTMA lainnya ini menjadi salah bentuk menyuarakan desakan itu.

Dr Santoso M.Psi selaku Koordinator Aksi menilai kemerdekaan Palestina sebagai negara suatu keniscayaan. Untuk itu, perlu ada langkah nyata memperjuangkan kemerdekaan Palestina. Karena selain ada landasan konstitusional Indonesia, hal ini juga secara kemanusiaan memang perlu diperjuangkan.

Dekan Fakultas Studi Islam UMRI ini menilai, tindakan zionis Israel tak bisa dibiarkan. Sehingga target aksi ini, Palestina harus merdeka. Karena itu, PTMA se-Indonesia bergerak mendesak dan meng-counter aksi mahasiswa di Eropa dan Amerika yang ditangkap aparat karena menyuarakan kemerdekaan Palestina.

Aksi ini akan berkelanjutan. Karena perjuangan ini tidak sekali pukul selesai. Namun harus melingkupi multi aspek. Karena itu akan ada aksi lanjutan agar terasa di masyarakat dan memberi daya tekan pada semua pihak agar mau memerdekakan Palestina.

Dalam aksinya, massa membawa bendera Palestina berukuran besar maupun kecil. Ada pula yang membentangkan kain panjang dan karton bertuliskan kalimat dukungan agar negara Palestina segera berdiri.(zal)


Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

NasDem Usung H Bistamam - Jhony Charles bertarung di Rokan Hilir

2

PPDB Jalur Bosda Afirmasi SMA/SMK Swasta Diperpanjang Hingga 10 Juli

3

15 Anak Autis Ikut Khitanan Massal IDI Cabang Pekanbaru dan ULD Disdik Riau

4

Dua Bersaudara Perenang Riau Aquatic Pekanbaru Raih Medali Emas di Brunei

5

35 Siswa SMA Muhammadiyah 1 Pekanbaru Berkemajuan Lulus SNBT, Dua Siswa Lulus Kedokteran UGM dan UNAND