MENU TUTUP

Disdik Riau Siapkan Kuota Program BOSDA Afirmasi di PPDB 2024

Kamis, 29 Februari 2024 | 23:12:36 WIB | Di Baca : 534 Kali
Disdik Riau Siapkan Kuota Program BOSDA Afirmasi di PPDB 2024

 

Seriau,- Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2024 rencananya akan dimulai pada minggu ketiga atau keempat bulan Juni 2024. Setakad ini, Disdik Riau sedang tahap pembahasan Rancangan Peraturan Gubernur serta Petunjuk Teknik (Juknis) PPDB tahun 2024.

Berkaca dari tahun lalu dan telah disahkannya Peraturan Gubernur (Pergub) tentang BOSDA Afirmasi, setelah kuota di sekolah negeri terpenuhi, maka siswa dari keluarga kurang mampu akan dimasukkan ke sekolah swasta.

" Karena terbatasnya kuota di SMA/ SMK Negeri maka tahun ini, Pemprov Riau melalui Disdik Riau mengeluarkan BOSDA Afirmasi. Dimana BOSDA Afirmasi ini di peruntukkan bagi siswa kurang mampu yang di masukkan ke SMA/SMK Swasta yang sudah melakukan MoU dengan Disdik Riau," kata Kepala Bidang SMK Disdik Riau, Dr Arden Simeru saat acara Forum Perangkat Daerah (FPD) tahun 2024, Kamis (29/2) di Hotel Jatra Pekanbaru

Dijelaskan Arden, siswa yang dibiayai BOSDA Afirmasi tidak boleh di pungut biaya sampai tamat. Penerimaan siswa baru dengan pola pembiayaan BOSDA Afirmasi ini dijadwalkan setelah penerimaan siswa baru di sekolah negeri selesai. Proses penerimaan siswa baru jalur BOSDA Afirmasi dilakukan secara online.

Kuota siswa baru pada program BOSDA Afirmasi ini akan berbeda dengan yang reguler. Karena, pembiayaannya juga berbeda.

Untuk PPDB tahun ini, anggaran yang dialokasikan untuk program BOS Afirmasi sebanyak Rp 20 miliar untuk tiga tahun. " Anggaran itu dibagi tiga," tuturnya. Artinya, setiap tahun ada sekitar Rp 7 miliar yang disalurkan untuk siswa penerima.

Tiap siswa, terangnya, rencananya dianggarkan Rp 2 juta per tahun. Selain BOSDA Afirmasi, siswa bersangkutan juga tetap menerima BOS reguler." Dengan syarat dalam MoU, siswa itu harus digratiskan sampai kelas III," kata Ketua ILUNI UNP Provinsi Riau ini. (zal)
 


Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

SE Kadisdik Riau Tentang Larangan Perpisahan di Hotel Dinilai Forkom Waktunya Kurang Tepat

2
Ketua TKD: Ini Kemenangan Masyarakat

Prabowo & Gibran Ditetapkan Jadi Presiden Wakil Presiden Terpilih

3

PT Putra Kemasindo di Sidak  Komisi IV,  Di Warnai Adu Mulut

4

Jalan Simpang SKA Di Perlebar, Ginda: Kita Dukung Semoga Cepat Terlaksana

5

DPC PDI-P Rohil Buka Penjaringan Calon Kepala Daerah Pilkada 2024