MENU TUTUP

UIR Miliki Website Ortu.uir.ac.id, Orang Tua Bisa Pantau Aktifitas Akademik Anak

Selasa, 27 Februari 2024 | 09:31:17 WIB | Di Baca : 181 Kali
UIR Miliki Website Ortu.uir.ac.id, Orang Tua Bisa Pantau Aktifitas Akademik Anak

 

Seriau,- Kini Universitas Islam Riau (UIR) miliki website yang dapat memantau aktifitas akademik terkini mahasiswa oleh orang tua dirumah. Website dengan domain www.ortu.uir.ac.id tersebut diluncurkan sekaligus disosialisasikan saat Rapat Evaluasi Administrasi Akademik yang diikuti oleh pimpinan fakultas hingga universitas digelar beberapa waktu lalu di Payakumbuh.

Dikutip dari uir.ac.id, website ataupun sistem yang diprakarsai oleh Biro Simfokom (Sistem Informasi dan Komputasi) itu dapat diakses oleh orang tua atau wali mahasiswa UIR guna mengetahui status pembiayaan keuangan, Kartu Hasil Studi (KHS) setiap semester, mata kuliah dan dosen pengampu serta absensi kehadiran mahasiswa.

“Sistem ini tentu sangat baik, dengan beberapa layanan yang dapat dipantau diharapkan terciptanya transparansi serta efisiensi antara kampus dan orang tua mahasiswa,” paparnya dalam sambutan.

Tampilan dalam website yang resmi diluncurkan pada 19 Februari 2024 lalu itu pun sangat mudah untuk di akses maupun dioperasikan. Orang tua atau wali cukup log in dengan mengisi NPM mahasiswa yang bersangkutan, tanggal lahir dan nama kandung ibu seketika akan langsung muncul tampilan tab berupa mata kuliah, absensi, nilai mahasiswa, serta status pembiayaan perkuliahan terkini.

Saat diwawancara pada Senin (26/02/2024), Ause Labella Pansa, S.T., M.Cs., M.Kom 
Selaku Kepala Biro Simfokom mengaku sistem ini sebenarnya sudah lama direncanakan, tetapi untuk merampungan dan mematangkan konsep web itu sendiri yang membutuhkan waktu.

“Belum banyak Perguruan Tinggi yang memiliki web atau sistem pemantau akademik oleh orang tua terhadap mahasiswa, maka UIR menjadi salah satunya. Web ini sudah dari lama digaungkan oleh para pimpinan, hanya saja untuk pematangan konsep nya yang membutuhkan waktu,” ungkapnya.

Ause juga menambahkan kemudahan lainnya dari website ini ialah orang tua tidak perlu lagi melakukan proses registrasi seperti sinkron kode OTP dan lainnya dikarenakan Biro Simfokom sudah melakukan registrasi sehingga cukup dengan mengisi NPM, tanggal lahir dan nama ibu kandung mahasiswa, orang tua dirumah dapat mengaksesnya dimana saja serta kapan saja tanpa harus dating ke kampus selagi memiliki akses internet yang lancar.(rls/zal)


Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

SE Kadisdik Riau Tentang Larangan Perpisahan di Hotel Dinilai Forkom Waktunya Kurang Tepat

2
Ketua TKD: Ini Kemenangan Masyarakat

Prabowo & Gibran Ditetapkan Jadi Presiden Wakil Presiden Terpilih

3

PT Putra Kemasindo di Sidak  Komisi IV,  Di Warnai Adu Mulut

4

Jalan Simpang SKA Di Perlebar, Ginda: Kita Dukung Semoga Cepat Terlaksana

5

DPC PDI-P Rohil Buka Penjaringan Calon Kepala Daerah Pilkada 2024