MENU TUTUP

Produksi Keripik Buah, Petani Wanita Jembrana Makin Hemat Operasional dengan Mesin Bantuan Srikandi PLN

Kamis, 28 Desember 2023 | 13:04:28 WIB | Di Baca : 258 Kali
Produksi Keripik Buah, Petani Wanita Jembrana Makin Hemat Operasional dengan Mesin Bantuan Srikandi PLN

 

SeRiau - Jembrana,  PT PLN (Persero) melalui gugus tugas Srikandi PLN yang berisi seluruh karyawati, membantu meningkatkan usaha Kelompok Wanita Tani (KWT) Buana Sari, Jembrana, Bali. Bantuan yang merupakan bagian dari program tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) PLN Peduli tahun 2023 ini diberikan dalam bentuk mesin pembuat keripik buah berupa vacuum frying.

Bantuan ini diharapkan meningkatkan efektivitas dan efisiensi produksi keripik buah kelompok tani di Desa Yeh Sumbul, Mendoyo, Jembrana, Bali.

Ketua KWT Buana Sari, Ni Wayan Puryawati mengapresiasi Srikandi PLN atas pemberian mesin produksi keripik tersebut. Menurutnya, PLN telah  mendukung program pemerintah yaitu hilirisasi bidang pertanian dengan menyerap hasil yang ada di desa.

“Kami mengambil hasil buah–buahan untuk dijadikan bahan keripik. Di samping itu kami juga memproduksi minyak tandusan dan kacang mete,” kata Puryawati dalam penyerahan bantuan mesin produksi di Desa Yeh Sumbul, Mendoyo, Jembrana, Bali Kamis (21/12).

Dia mengatakan, mesin _vacuum frying_ ini dapat mengoptimalkan produksi keripik buah, yang mana sebelumnya, kelompok tani di Desa Yeh Sumbul setiap kali memperoleh hasil panen komoditas buah nangka harus dikirim ke Kota Malang untuk diproduksi menjadi keripik nangka dan dikirim kembali ke Desa untuk pemasaran, hal ini mengakibatkan biaya operasional sangat tinggi.

Bantuan _vacuum frying_ dari PLN memangkas biaya operasional sebesar 30 persen berupa biaya transportasi dan produksi yang sebelumnya membutuhkan Rp20 juta per bulan menjadi kurang lebih Rp14 juta rupiah. Dengan adanya mesin produksi keripik buah ini, diperkirakan kapasitas produksi dapat mencapai 400 kilogram dalam sebulan serta dapat membuka peluang memasok ke pasar yang lebih luas lagi.

Wakil Ketua I DPRD Jembrana, I Wayan Suardika turut menyampaikan rasa terima kasihnya kepada PLN atas bantuan yang diberikan. Ia mengatakan di Jembrana belum banyak yang melakukan kegiatan produksi seperti yang dilakukan oleh KWT Buana Sari ini.

"Semoga ibu-ibu anggota KWT sejumlah 24 orang ini dapat semakin bersemangat atas bantuan yang diberikan dan bersiap menjadi media belajar bagi wanita tani yg lain untuk mengolah hasil pertanian desa yang berlimpah," katanya.

Ketua Umum Srikandi PLN, Sinthya Roesly mengungkapkan komitmen PLN dalam mendukung perekonomian rakyat dengan pemanfaatan listrik PLN. Di sisi lain juga memberikan kesempatan kepada Srikandi PLN turut berperan membantu melakukan pemberdayaan perempuan melalui program TJSL PLN Peduli.

"Kehadiran Srikandi PLN ini menjadi bagian untuk mendorong pemberdayaan perempuan dalam kemandirian ekonomi. Hal ini merupakan komitmen korporasi dalam menjalankan proses bisnis sesuai prinsip _Environmental Social and Governance_ (ESG) yaitu aspek lingkungan, sosial dan tata kelola yang baik," ungkap Sinthya.

Ketua Srikandi PLN Unit Induk Distribusi Bali, Ni Made Sumaryani hadir mewakili PLN saat menyerahkan bantuan mesin produksi kepada KWT Buana Sari. Dia menjelaskan bahwa Srikandi PLN memiliki program kerja infrastruktur dan TJSL kepada masyarakat sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan wanita.

“Perempuan memiliki hak yang sama untuk maju, memiliki kesempatan yang sama untuk bekerja menunjukkan eksistensinya. Harapan nanti produksinya meningkat, pasarnya lebih banyak, pendapatannya juga jauh lebih besar, sehingga perekonomian keluarga juga semakin meningkat," pungkasnya. (rls)


Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

TAF Daftarkan Agung Ke PDIP

2

Bahas LKPJ 2023, Ketua DPRD Rohil Singgung Naiknya Angka Kemiskinan

3

BAN-PDM Provinsi Riau Gelar Rakorda Pertama, Sebanyak 2062 Satuan Pendidikan di Akreditasi Tahun Ini

4

SE Kadisdik Riau Tentang Larangan Perpisahan di Hotel Dinilai Forkom Waktunya Kurang Tepat

5

Jangan Sampai Kehabisan, Tiket Proliga Bisa Dibeli di PLN Mobile