MENU TUTUP

Peresmian Tempat Uji Kompetensi (TUK), SMKN 1 Tuah Kemuning Dapat 1 Unit Sepeda Motor Honda

Ahad, 03 Desember 2023 | 14:29:58 WIB | Di Baca : 224 Kali
Peresmian Tempat Uji Kompetensi (TUK), SMKN 1 Tuah Kemuning Dapat 1 Unit Sepeda Motor Honda

 

SeRiau - Inhil – PT Astra Honda Motor (AHM) bersama PT Capella Dinamik Nusantara (CDN) Main Dealer Honda wilayah Riau meresmikan Tempat Uji Kompetensi (TUK) SMKN 1 Tuah Kemuning dikarenakan adanya peningkatan grade jurusan Teknik Bisnis Sepeda Motor (TBSM) yang sebelumnya A menjadi A+.

SMKN 1 Tuah Kemuning merupakan salah satu SMK binaan Honda pada saat penandatanganan MoU tahun 2016 silam.

Penandatangan MoU sebagai bentuk Implementasi Sinergi Bagi Negeri atau CSR dari Honda untuk meningkatkan kompetensi siswa-siswi yang ada di Indonesia terkhususnya Riau dengan peralihan kurikulum menjadi kurikulum berbasis industri.

Sekilas tentang SMKN 1 Tuah Kemuning, berdiri tahun 2011 yang sebelumnya masih yayasan (swasta) memiliki 2 jurusan yakni Akuntansi dan Agribisnis Tanaman Perkebunan (ATP) dimana melakukan proses belajar mengajar dengan menggunakan gedung SMPN 1 Tuah Kemuning (posisi bersebelahan).

Seiring berjalan waktu, dengan antusias dari kepala sekolah bersama beberapa tenaga pengajar, SMKN 1 Tuah Kemuning semakin maju dan perlahan membangun gedung hingga tahun 2014 disahkan menjadi SMK Negeri 1 Tuah Kemuning.

Bukan hanya penandatanganan MoU saja, pada saat itu Honda memberikan dukungan berupa kelengkapan special tools dan juga modul pembelajaran berbasis industri untuk menunjang aktifitas pembelajaran di SMKN 1 Tuah Kemuning, hal itu sebagai bentuk dukungan program CSR dari Honda untuk dunia pendidikan.

Kini, Desember 2023 SMKN 1 Tuah Kemuning memiliki 4 jurusan diantaranya Akutansi, Agribisnis Tanaman Perkebunan (ATP), Teknik Komputer Jaringan (TKJ), dan  TBSM (Teknik Bisnis Sepeda Motor) dengan jumlah siswa mencapai lebih dari 540 an siswa-siswi.

Tahun 2023 ini PT CDN memiliki 27 SMK binaan dimana 5 diantaranya sudah menyandang status Teknik Uji Kompetensi (TUK), salah satunya adalah SMKN 1 Tuah Kemuning.

Keunggulan menyandang status TUK yaitu, SMK sudah mampu mengikuti program Tefa (Teaching Factory) yang berskala bengkel resmi Honda dan siswa-siswi yang lulus sudah menyandang predikat Technical  Training Level 1 ( TTL 1) yang siap untuk bekerja di  jaringan bengkel resmi Honda di seluruh Indonesia.

PT CDN memberikan apresiasi kepada SMKN 1 Tuah Kemuning berupa 1 unit sepeda motor Honda cub PGMFI, special tools dan modul pembelajaran kepada pihak sekolah SMKN 1 Tuah Kemuning.

Norman selaku kepala sekolah SMKN 1 Tuah Kemuning berterimakasih kepada Honda dimana sebagai pelopor industri sepeda motor sudah percaya ke SMKN1 Tuah Kemuning ini menjadi sekolah binaan Honda dan juga mendapatkan apresiasi atas kinerja serta pencapaian status TUK yang sudah diposisi A+. Kami akan berusaha SMKN1 Tuah Kemuning ini bisa diakui dimana saja dengan siswa-siswi yang berkualitas dan guru-guru yang berkompeten terkhususnya pada jurusan teknik bisnis sepeda motor.

"Semoga apresiasi yang diberikan membuat kami semakin maju dan selalu menjaga kualitas", ujarnya.

Harry Sutiono selaku Regional Head PT. CDN wilayah Riau dan Arman Situmeang selaku Technical Service Manager menyampaikan apresiasi kepada kepala sekolah bersama team pengajar yang berusaha untuk meraih grade A+ tempat uji kompetensi (TUK).

"Ini merupakan wujud Impementasi Sinergi Bagi Negeri, kami berharap dengan adanya apresiasi ini, SMKN 1 Tuah Kemuning tetap konsisten dan memepertahankan standar kualitas nya serta tetap dapat bekerjasama dengan baik" ujarnya. (***)
 


Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

SE Kadisdik Riau Tentang Larangan Perpisahan di Hotel Dinilai Forkom Waktunya Kurang Tepat

2
Ketua TKD: Ini Kemenangan Masyarakat

Prabowo & Gibran Ditetapkan Jadi Presiden Wakil Presiden Terpilih

3

PT Putra Kemasindo di Sidak  Komisi IV,  Di Warnai Adu Mulut

4

ARA Perkuat Eksistensi Pendidikan di Provinsi Riau

5

Jalan Simpang SKA Di Perlebar, Ginda: Kita Dukung Semoga Cepat Terlaksana