MENU TUTUP

Peringati Sumpah Pemuda ke 95, Ginda Ajak Pemuda Bersama Majukan Indonesia

Kamis, 02 November 2023 | 15:34:20 WIB | Di Baca : 621 Kali
Peringati Sumpah Pemuda ke 95, Ginda Ajak Pemuda Bersama Majukan Indonesia

 

SeRiau- Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Kota Pekanbaru Ginda Burnama ST MT Menghadiri Acara Sumpah Pemuda ke 95 
Kepada media ini Ginda Mengatakan bahwa  Tema peringatan Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2023 telah ditetapkan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora). Tahun ini peringatan Hari Sumpah Pemuda mengusung tema "Bersama Majukan Indonesia."

Di Katakan Ginda Tema Hari Sumpah Pemuda 2023 ini bisa digunakan oleh masyarakat sebagai dasar menggelar kegiatan peringatan. Tak hanya menetapkan tema peringatan, Kemenpora juga merilis logo khusus peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95.

Dilanjutkan Ginda  Hari Sumpah Pemuda merupakan hari nasional penting di Indonesia yang diperingati setiap tahun sejak era Orde Lama. Hari nasional ini dicetuskan pada 1959 sebagai pengingat momen lahirnya ikrar Sumpah Pemuda di Kongres Pemuda 2 pada 28 Oktober 1928.

Ikrar Sumpah Pemuda itu digagas dan dibacakan pertama kali oleh sekelompok pemuda yang tergabung dalam berbagai organisasi pemuda kedaerahan. Meskipun berasal dari latar belakang, suku, dan agama berbeda, para pemuda punya cita-cita yang sama, yaitu kemerdekaan Indonesia.

Mereka sepakat bahwa persatuan adalah kunci untuk melawan penjajahan dan mencapai kemerdekaan. Oleh karena itu, di Kongres Pemuda II para pemuda berkomitmen untuk bersatu dengan mengucap sebuah sumpah bernama Sumpah Pemuda.

Alasan inilah yang membuat Hari Sumpah Pemuda dimaknai sebagai tonggak sejarah bangsa Indonesia dalam mengawali kesadaran kebangsaan. Peristiwa sejarah ini mengajarkan bangsa Indonesia pentinnya menjaga nilai-nilai persatuan dan cinta tanah air.( ***)

 


Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

SE Kadisdik Riau Tentang Larangan Perpisahan di Hotel Dinilai Forkom Waktunya Kurang Tepat

2
Ketua TKD: Ini Kemenangan Masyarakat

Prabowo & Gibran Ditetapkan Jadi Presiden Wakil Presiden Terpilih

3

PT Putra Kemasindo di Sidak  Komisi IV,  Di Warnai Adu Mulut

4

Jalan Simpang SKA Di Perlebar, Ginda: Kita Dukung Semoga Cepat Terlaksana

5

DPC PDI-P Rohil Buka Penjaringan Calon Kepala Daerah Pilkada 2024