MENU TUTUP

Gubri Rayakan Sumpah Pemuda Ke-95 di SMAN 12 Pekanbaru Sekaligus Serahkan Penghargaan Kepada Siswa Berprestasi

Ahad, 29 Oktober 2023 | 12:42:09 WIB | Di Baca : 362 Kali
Gubri Rayakan Sumpah Pemuda Ke-95 di SMAN 12 Pekanbaru Sekaligus Serahkan Penghargaan Kepada Siswa Berprestasi

 

Seriau,- Peringatan Sumpah Pemuda Ke-95 tahun 2023 ini sedikit berbeda. Selama ini, peringatan Sumpah Pemuda dirayakan di halaman Kantor Gubernur Riau, namun tahun ini dirayakan di SMAN 12 Pekanbaru.

Gubri hadir langsung menjadi pembina upacara. Ratusan siswa dari sejumlah sekolah, mahasiswa, guru, unsur organisasi pemuda dan organisasi kemasyarakatan pun turut hadir.

Syamsuar menyampaikan pidato Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Ario Bimo Nandito Ariotedjo terkait perayaan Sumpah Pemuda tahun 2023. Menurutnya, momen ini mengingatkan bangsa Indonesia tentang gotong royong para pemuda.

Momen ini sekaligus menyatukan semua unsur bangsa dalam Sumpah Pemuda. "Ini adalah komitmen kebangsaan yang diikrarkan lewat keinginan bertanah air satu, berbangsa satu dan berbahasa satu. Yaitu Indonesia.

Logo perayaan Sumpah Pemuda tahun ini juga menyimbolkan kebersamaan dan heterogenitas yang menjadi kekuatan Indonesia. Dimana terjadi inklusifitas dalam sistem dan relasi lintas generasi. Kondisi ini membuat pemuda mendapat tempat terhormat dalam berbagai bidang di Indonesia.

" Tetapi semua itu bukan menjadi alasan bagi para pemuda untuk berhenti melaju menuju Indonesia maju dan menciptakan masyarakat adil dan makmur," katanya.

Kesenjangan teknologi membuat penguasaan antargenerasi semakin jauh. Termasuk juga Artificial Intelligence (AI) apakah sudah digunakan secara optimal dan masif.

" Intinya penguasaan pemuda pada teknologi informasi dan literasi digital harus diseriusi. Karena peran pemuda dangat strategis dalam menciptakan pembangunan hingga 30 tahun ke depan," kata Gubri.

Gubri secara khusus menyampaikan apresiasi pada pemuda Riau yang berprestasi. Termasuk para pelajar SMA, SMK dan Madrasah. "Kita sudah sejajar dengan teman-teman yang di Jawa," kata dia. Ini semua berkat jasa guru, ustad, dan ustadzah yang bekerja keras.

Terkait AI, Riau mendahului provinsi lain dalam penerapan pendidikan berbasis AI. "Kita duluan dari provinsi lain.

Usai upacara, Gubri menyerahkan penghargaan dan sagu hati kepada mahasiswa dan pelajar asal Riau yang berhasil menorehkan prestasi di tingkat nasional maupun internasional.

Kemudian, kegiatan Sumpah Pemuda kali ini dimeriahkan oleh parade siswa dengan pakaian adat nusantara, pertunjukan seni, olahraga dan pasukan khusus. Gubri juga menandatangani prasasti berdirinya SMAN 19 Pekanbaru.

Sementara Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Riau, Boby Rachmat mengatakan peringatan Hari Sumpah Pemuda tahun 2023 ini di sekolah merupakan ide yang dicetuskan langsung oleh Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar. Upacara bendera yang biasanya dilakukan di halaman Kantor Gubri itu dipindahkan ke sekolah.

" Ini ide dari pak gubernur untuk melaksanakan upacara di salah satu sekolah. Tujuannya agar peringatan Sumpah Pemuda lebih semarak," ujar Boby Rachmat, Sabtu (28/10/2023).

Menurut dia, perayaan Sumpah Pemuda sangat penting dilakukan. Sehingga, semangat Bhineka Tunggal Ika yang dicetuskan para pemuda terus muncul dalam diri. Khususnya untuk membangun bangsa ini.

Boby menambahkan, upacara ini tidak hanya diikuti oleh siswa dan pendidik SMAN 12 Pekanbaru. Ada juga siswa dari kabupaten lain yang secara spontan berpartisipasi. " Mudah-mudahan ke depan formulasi seperti ini terus dilakukan. Kita gilir ke sekolah yang lain," katanya

Sementara, Kepala SMAN 12 Pekanbaru, Hj Ermita S.Pd MM mengaku bersyukur dipercaya Pemprov Riau, khususnya Gubri sebagai tuan rumah peringatan Sumpah Pemuda tahun ini. Penunjukan ini memberikan motivasi yang lebih untuk memajukan SMAN 12 Pekanbaru. Kemudian, menjadi ajang menunjukkan potensi siswa.

Mudah-mudahan ke depan SMAN 12 Pekanbaru semakin terbilang," katanya

Untuk perayaan ini, Ermita mengaku persiapan yang mereka lakukan selama satu pekan. Khususnya untuk tempat dan fasilitas bekerjasama dengan Dispora Riau. Sementara, atraksi seni, olahraga dan pasukan khusus ditampilkan oleh siswa yang memang sudah terlatih. (zal)

 

 


Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Serius Maju Pilkada Rohil, Zakifri S.Hi Kembalikan Berkas Pendaftaran ke Partai Demokrat

2

Di Gadang Gadang Bakal Maju di Pilwako Pekanbaru , Agung Nugroho dan Ade Hartati Ambil Fomulir ke PAN Kota Pekanbaru

3

Ambil Formulir Di PAN, Ade Hartati di Daftarkan Srikandi

4

Usai Hadiri Undangan DPP PKB, Ade Hartati: Untuk Warga Pekanbaru Jadi Walikota Ataupun Wakil Walikota Kita Siap!

5

TAF Daftarkan Agung Ke PDIP