MENU TUTUP

Implementasi Pengunaan TED Talk dan Grammarly Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Siswa SMK YAPIM Siak Hulu

Selasa, 17 Oktober 2023 | 11:51:59 WIB | Di Baca : 539 Kali
Implementasi Pengunaan TED Talk dan Grammarly Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Siswa SMK YAPIM Siak Hulu

 

Seriau,- Kemudahan terhadap akses teknologi seharusnya membuka peluang bagi siswa untuk belajar, terutama mengemukakan pendapat atau opini baik itu secara tulisan
maupun lisan.

Kenyataannya, diera digital saat ini masih banyak siswa yang menghadapi kesulitan dalam mengemukakan pendapat, terutama dalam Bahasa Inggris.

Mereka merasa kesulitan dalam merangkai kata perkata menjadi sebuah kalimat utuh dalam Bahasa Inggris sehingga hal tersebut yang membuat rasa percaya diri siswa menjadi rendah. Hal tersebut erat kaitannya dengan perubahan grammatikal Bahasa inggris yang berkaitan dengan waktu terjadinya sebuah kejadian.

Selain itu, mayoritas siswa jarang dibiasakan menggunakan Bahasa Inggris saat sedang diluar sekolah yang tidak jarang membuat siswa kembali lupa terhadap materi yang telah diajarkan di sekolah (Suparlan & Masyudi,2023).

Melalui kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh tim dosen FKIP Bahasa Inggris UIR, Kamis 5 Oktober 2023, siswa tidak hanya diajarkan mengungkapkan opini secara lisan namun terlebih dahulu siswa juga harus dibantu mengkonsepide- idenya dalam bentuk tulisan.

Mengemukakan opini sejatinya ditulis dengan paragraf argumentatif. Sswa diarahkan untuk menulis kerangka karangan yang kemudian disempurnakan menjadirangkaian paragraf argumentatif yang utuh.

Melalui penggunaan aplikasi Grammarly, setelah menulis paragraf argumentatif berbahasa Inggris, maka siswa akan terbantu untuk mengecek kembali terkait dengan penulisan grammar serta tenses.

Hal ini karena aplikasi Grammarly akan mendeteksi kesalahan yang terdapat pada sebuah tulisan Bahasa Inggris secara grammatikal maupun tenses, kemudian mengkoreksinya secara otomatis.

Hingga saat ini aplikasi Grammarly telah diakui sebagai aplikasi bantu untuk penulisan karya berbahasa asing dengan struktur Bahasa yang baik dan benar.


Begitu pula halnya dengan penggunaan aplikasi TED Talk video yang dapat diunduh di Playstore. TED Talk adalah platform pembelajaran yang menyediakan beragam video yang disertai dengan terjemahannya. Terdapat berbagai kategori informasi yang bermanfaat untuk dibahas.

TED Talk memiliki berbagai topik seperti bidang kesehatan, olahraga, budaya, fashion, politik, teknologi dan masih banyak lagi. Siswa akan mencontoh gaya berbicara tokoh melalui pilihan- pilihan video berdasarkan kategori yang diminati.

Cara berbicara tokoh yang terdapat pada video tersebutlah yang akan menjadi referensi siswa mengenai cara agar dapat tampil lebih percaya diri mengemukakan pendapat atau gagasan didepan umum.

Berdasarkan hasil evaluasi, mayoritas siswa siswi kelas X jurusan Teknik Komputer dan Jaringan sangat kooperatif dan antusias menerima materi yang dipaparkan oleh dosen FKIP Bahasa Inggris UIR yang diketuai oleh Cyintia Kumalasari M.Pd beserta tim yaitu Dr.Resy Oktadela, M.Pd.

Hasil yang didapat sebagian besar siswa telah mampu mengoperasikan aplikasi Grammarly serta menonton video dari TED Talk sesuai kategori yang dipilih.

Wakil Kepala Sekolah SMKYapim SiakHulu yang turut hadir juga mengharapkan agar kegiatan ini dapat terus berkelanjutan***


Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

SE Kadisdik Riau Tentang Larangan Perpisahan di Hotel Dinilai Forkom Waktunya Kurang Tepat

2
Ketua TKD: Ini Kemenangan Masyarakat

Prabowo & Gibran Ditetapkan Jadi Presiden Wakil Presiden Terpilih

3

PT Putra Kemasindo di Sidak  Komisi IV,  Di Warnai Adu Mulut

4

Jalan Simpang SKA Di Perlebar, Ginda: Kita Dukung Semoga Cepat Terlaksana

5

DPC PDI-P Rohil Buka Penjaringan Calon Kepala Daerah Pilkada 2024