MENU TUTUP

Dua Pekan di Eropa, Rektor UIR Jalin Berbagai Kerjasama

Kamis, 12 Oktober 2023 | 08:20:24 WIB | Di Baca : 403 Kali
Dua Pekan di Eropa, Rektor UIR Jalin Berbagai Kerjasama

 

 

Seriau,- Selama lebih kurang dua pekan terhitung sejak 23 September hingga 12 Oktober 2023, rombongan Universitas Islam Riau (UIR) melawat ke beberapa negara di Eropa seperti Jerman, Belanda, dan Turki guna memperluas jejaring kerjasama sekaligus melaksanakan beberapa kegiatan implementasi kerjasama.

Rombongan UIR yang terdiri dari Rektor Prof. Dr. H. Syafrinaldi, S.H., M.C.L., Ketua Umum YLPI Riau Prof. Dr. H. Nurman, M.Si., Wakil Rektor Bidang Akademik Dr. Syafhendry, M.Si, Kepala Kantor Urusan Internasional dan Kerjasama (KUI&K) Dr. Rendi Prayuda, M.Si, Ketua Prodi Pascasarjana S2 Ilmu Hukum Dr. Surizki Febrianto, S.H., M.H., Direktur Direktorat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (DPPM) Dr. Arbi Haza Nasution, M.Sc.

Pada pekan pertama  yang dimulai dari 23 September 2023, Rektor UIR bersama tiga orang lainnya mengunjungi Fachhochschule Dortmund – University of Applied Sciences and Art (FHDO) Jerman melaksanakan agenda visiting Campus, visiting Profesor, dan visiting Lecture.

Dalam kegiatan yang sama juga di gelar rapat yang di hadiri oleh Rektor  Fachhochschule Dortmund Prof. Dr. Tamara Appel Dr. Ramona Schropf selaku Vice Rector for Communication & Internationalization, dan Prof. Dr. Stephan Weyers selaku Prorektur Lehre und Studium membahas perpanjangan MoU dan MoA antara keduanya. 

Kegiatan selanjutnya, rombongan UIR berpartisipasi dalam agenda International Conference yang digelar oleh European Association for International Education (EAIE) di Rotterdam Belanda. Keikutsertaan UIR dalam conference tersebut bukan tanpa alasan sebab pada Juli 2023 lalu UIR telah resmi bergabung dalam keanggotaan EAIA bersama dengan ratusan Perguruan Tinggi se Asia, Amerika, Eropa dan Australia.

Kegiatan hari pertama yaitu Preliminary Course and Discussion seperti berkenalan dan bertukar kontak dengan seluruh Institusi Pendidikan. hari kedua dilanjutkan dengan Exhibition Hall berupa pameran dan bertukar informasi.
Masuki hari ketiga dan keempat, kegiatan berupa Seminar Internasional and Front Class, dalam hal ini Rektor UIR fokus pada tata kelola pendidikan dan membangun relasi global sehingga UIR mampu bersaing dan berkompetisi dengan Universitas yang ada di Eropa.

““Adapun kerjasama yang akan kita lakukan dengan beberapa mitra diatas nantinya yaitu visiting, exchange lecture or professor, exchange student, double degree, joint research, joint publication, dan community service program,” ujar Rendi Prayuda Kepala KUI&K UIR.

Selanjutnya, di tanggal 02 Oktober – 03 Oktober 2023 Rektor beserta rombongan bertolak kembali ke Jerman tepatnya ke kota Munich dan berkunjung ke Universitat Der Bundeshware Munich Jerman. Selama dua hari mereka melaksanakan visiting Lecture dan Banchmarking tata kelola universitas.

Setelah puas menjelajahi Jerman dan Belanda, di pekan kedua rombongan UIR pun melanjutkan perjalanan mengunjungi negara Turki. Salah satu negara yang sudah direncanakan untuk pengembangan sayap kerjasama UIR. Selama di Turki, UIR menggelar beberapa penandatanganan dokumen kerjasama dengan beberapa universitas terkemuka di negara yang terkenal dengan pusat peradaban Islamnya tersebut. Lawatan ke Turki digelar selama rentang 06 Oktober hingga 10 Oktober 2023.

Lebih lanjut, adapun dua PT yang dikunjungi UIR ialah Istanbul Sabahattin Zaim University Turki dan Izmir Katib Celeb University Turki. Rendi Prayuda menyebut kerjasama tersebut nantinya akan fokus pada bidang pendidikan, pengajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat, serta pertukaran mahasiswa, dosen hingga staf.

“Kerjasama juga akan dilaksanakan dalam rangka kerjasama Erasmus+ 171 dalam bidang Internasionalisasi Universitas baik mahasiswa maupun dosen”, tutup Rendi Prayuda.(rls/zal)
 


Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

SE Kadisdik Riau Tentang Larangan Perpisahan di Hotel Dinilai Forkom Waktunya Kurang Tepat

2
Ketua TKD: Ini Kemenangan Masyarakat

Prabowo & Gibran Ditetapkan Jadi Presiden Wakil Presiden Terpilih

3

PT Putra Kemasindo di Sidak  Komisi IV,  Di Warnai Adu Mulut

4

ARA Perkuat Eksistensi Pendidikan di Provinsi Riau

5

Jalan Simpang SKA Di Perlebar, Ginda: Kita Dukung Semoga Cepat Terlaksana