MENU TUTUP

Warga Jalan Selamat Usir Petugas Kabel, Komisi I Geram Tiang Telekomunikasi Makin Liar di Pekanbaru

Sabtu, 30 September 2023 | 21:29:47 WIB | Di Baca : 693 Kali
Warga Jalan Selamat Usir Petugas Kabel, Komisi I Geram Tiang Telekomunikasi  Makin Liar di Pekanbaru

 

SeRiau -  Wakil Ketua Komisi I DPRD Pekanbaru Krismat Hutagalung mengaku geram dengan maraknya tiang-tiang dan kabel telekomunikasi yang semakin bertambah di beberapa sudut wilayah Kota Pekanbaru. Hal ini menyusul adanya aksi penolakan dari warga yang berlokasi di Jalan Selamat mengusir petugas provider yang hendak menanam tiang telekomunikasi didaerahnya.

"Saya sudah capek ngomong kepada semua dinas terkait. Mau itu Dinas PUPR, Diskominfo, DPMPTSP itu sudah selalu kami bilang dan sampaikan bahwa tolong dimonitor. Lihat kota ini sudah semrawut dengan kabel dan tiang tertanam dimana-mana. Kita (Komisi I) sudah serukan agar ditertibkan, tetapi tidak ada juga yang bertindak," kata Krismat, Sabtu (30/9/2023).

Krismat mendesak Pemko Pekanbaru agar dapat sesegera mungkin mengambil tindakan tegas agar tiang-tiang tumbuh dan kabel-kabel semrawut tak berizin tidak semakin bertambah.

"Jangan sampai warga ini menjadi anarkis, lagi manjat orang (pekerja) itu lalu dijatuhi dari atas karena dituduh pencuri, bisa saja kan? Tiba-tiba dia manjat masang kabe kita pun kaget, ngapain orang itu diatas," ujarnya.

Ia secara pribadi mendukung adanya aksi penolakan pemasangan tiang dan kabel dari warga setempat. Penolakan ini sebagai bentuk keresahan dari masyarakat.

"Saya yakin, masyarakat pasti kebanyakan menolak pemasangan tiang dan kabel itu karena tidak ada izinnya. Tiba-tiba main izin tanam tidak ada bilang apa-apa. Nah, lucunya ketika ditanya izin dilapangan, mereka pun tidak ada rekomendasi teknis dari Dinas PUPR. Bukan hanya izin dari RT RW setempat," terangnya.

"Rekomendasi teknis itu datang darimana? Ada tahapannya, masuk dulu ke DPMTPSP baru diserahkan ke Dinas PUPR maka keluarlah rekomendasi teknisnya. Jadi tak cuma izin dari RT RW," sambungnya.

Politisi Hanura ini juga mengimbau masyarakat untuk lebih peduli dan jelih terhadap maraknya tiang dan kabel-kabel yang terpasang. Hal ini demi menjaga estetika dan keindahan kota.

"Perhatikan dengan seksama lingkungan atau kamtibmas kita. Jangan nanti ketika ini sudah terpasang baru kita komplain, maka itu harus aware, jangan cuek. Lihatlah sendiri bagaimana, kabel-kabel ini semrawut dan tiang tertanam dimana-mana membuat jelek daerah kita," pinta Krismat.

Sebelumnya, Warga RT 03 RW 09 Labuh Baru Timur, Kecamatan Payung Sekaki, tepatnya yang berada di Jalan Selamat mengusir petugas provider yang hendak menanam tiang telekomunikasi didaerahnya, Sabtu sore (30/9/2023).

Warga sepakat menolak adanya penambahan pemasangan tiang telekomunikasi di wilayahnya lantaran sudah tidak ingin lagi ada tiang-tiang dan kabel jaringan yang terpasang. Selain membahayakan, keberadaan tiang dan kabel-kabel ini sering menjuntai sekaligus memperburuk keindahan.

"Kami tak ingin tiang-tiang ini semakin banyak tumbuh didaerah ini, jangan seenaknya saja menanam tiang-tiang. Kami tidak mau lingkungan ini menjadi semrawut penuh dengan tiang-tiang dan kabel-kabel menjuntai di sekitar rumah. Intinya kami ingin wilayah kami tertata dengan baik," kata Wandi, salah seorang warga sekitar. (***)


Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

NasDem Usung H Bistamam - Jhony Charles bertarung di Rokan Hilir

2

PPDB Jalur Bosda Afirmasi SMA/SMK Swasta Diperpanjang Hingga 10 Juli

3

15 Anak Autis Ikut Khitanan Massal IDI Cabang Pekanbaru dan ULD Disdik Riau

4

Dua Bersaudara Perenang Riau Aquatic Pekanbaru Raih Medali Emas di Brunei

5

35 Siswa SMA Muhammadiyah 1 Pekanbaru Berkemajuan Lulus SNBT, Dua Siswa Lulus Kedokteran UGM dan UNAND