MENU TUTUP

Pemilihan Ketua OSIS SMAN 13 Pekanbaru Persis Pemilu, Kepsek: Kita Ajarkan Cara Berdemokrasi yang Benar

Rabu, 27 September 2023 | 22:25:31 WIB | Di Baca : 672 Kali
Pemilihan Ketua OSIS SMAN 13 Pekanbaru Persis Pemilu, Kepsek: Kita Ajarkan Cara Berdemokrasi yang Benar

 

Seriau,- Proses pemilihan ketua OSIS SMAN 13 Pekanbaru dibuat sama kayak Pemilu. Pesta demokrasi tertinggi disekolah ini diikuti oleh dua pasangan calon untuk menjadi pimpinan organisasi siswa di sekolah.

" Tadi pagi jam 9 seluruh siswa menyalurkan hak suaranya untuk memilih ketua OSIS SMAN 13 Pekanbaru periode 2023-2024. Tidak hanya siswa, tapi juga guru dan saya sendiri selaku kepala sekolah juga sudah menyoblos," kata Kepala SMAN 13 Pekanbaru Benny Rio Denaldy, Rabu (27/9) di Pekanbaru.

Diterangkan Benny, pemilihan Ketua OSIS SMAN 13 Pekanbaru dilakukan seperti pemilihan umum, ada beberapa tahap mulai dari seleksi calon, penyampaian visi misi calon hingga pengunaan kertas suara dan bilik suara serta KPPS- nya. Hal ini bertujuan agar siswa tahu secara langsung proses pembelajaran pemilihan umum secara demokrasi.

Ini artinya, kata Benny, siswa tidak hanya mendengar dan melihat saja, tetapi siswa langsung mempraktek proses pemilihan OSIS seperti pemilihan umum." Makanya, kita buat pemilhan ketua OSIS ini sama dengan pemilihan umum dan ini juga masuk dalam materi pembelajaran pendidikan karakter," kata Benny

Sementara itu Ketua KPPS TPS 1 Pemilihan Ketua OSIS SMAN 13 Pekanbaru Jerni Sitompul mengatakan sebelumnya, panitia telah melakukan penjaringan seleksi kandidat ketua OSIS SMAN 13 Pekanbaru periode 2023/2024. Setelah diseleksi akhirnya ditetapkan dua pasang calon ketua OSIS yakni Lilis Irwanti (ketua) dan Putri Dameria (wakil ketua) bersaing dengan Arimbi Mustika D (ketua) dan Yemima C.SM.

Tahapan selanjutnya, kedua paslon ini menyampaikan visi dan misi serta melakukan kampanye akbar. Saat pemlihan berlangsung, pantia menyedikan 6 Tempat Pemungutan Suara (TPS). Masing masing setiap TPS teridiri dari ketua dan anggota penyelenggara pemungutan suara (KPPS) petugas linmas, pengawas  dan saksi masing masing calon.

" Pencoblosan mulai jam 9 pagi semua siswa dan guru telah menyalurkan hak suaranya. Jumlah kertas suara yang kita sediakan sebanyak 600 lembar kertas suara. Siapa yang terpilih belum tahu karena kertas suara baru kita hitung jam 1 siang," kata Jerni (zal)
 


Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

SE Kadisdik Riau Tentang Larangan Perpisahan di Hotel Dinilai Forkom Waktunya Kurang Tepat

2
Ketua TKD: Ini Kemenangan Masyarakat

Prabowo & Gibran Ditetapkan Jadi Presiden Wakil Presiden Terpilih

3

PT Putra Kemasindo di Sidak  Komisi IV,  Di Warnai Adu Mulut

4

Jalan Simpang SKA Di Perlebar, Ginda: Kita Dukung Semoga Cepat Terlaksana

5

DPC PDI-P Rohil Buka Penjaringan Calon Kepala Daerah Pilkada 2024