MENU TUTUP

ITB Indragiri Siap Jadi Mitra DJP dalam Perluas Informasi Perpajakan

Jumat, 22 September 2023 | 13:44:16 WIB | Di Baca : 176 Kali
ITB Indragiri Siap Jadi Mitra DJP dalam Perluas Informasi Perpajakan

 


SERIAU – Tingkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat untuk mengerti hak dan kewajiban perpajakannya sehingga pada akhirnya dapat mewujudkan kemandirian bangsa Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) Indragiri jalin kerjasama dengan Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Riau.

Kerjasama itu ditandai dengan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama Pembentukan Tax Center ITB Indragiri antara Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) Indragiri bersama dengan Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Riau di kampus ITB Indragiri, Selasa (19/9) lalu. 

Untuk diketahui Tax Center adalah pusat informasi, pendidikan, penelitian dan pelatihan perpajakan yang mempunyai peran signifikan dalam meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat untuk mengerti hak dan kewajiban perpajakannya sehingga pada akhirnya dapat mewujudkan kemandirian bangsa.

"Kesepakatan bersama itu bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan jangkauan sosialisasi, layanan dan konsultasi perpajakan di Provinsi Riau," ujar Kepala Kanwil DJP Riau Ahmad Djamhari kepada wartawan, Jumat (22/9).

Penandatanganam Perjanjian Kerja Sama tersebut dihadiri oleh Kepala Kanwil DJP Riau Ahmad Djamhari, Rektor ITB Indragiri Raja Marwan Indra Saputra, Kepala Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Rengat Tulus Hadi Utomo, Wakil Rektor I dan II ITB Indragiri, beberapa pejabat Kanwil DJP Riau serta mahasiwa/I di ITB Indragiri. 

Dalam kegiatan itu, Rektor ITB Indragiri menyampaikan apresiasi atas kesempatan kuliah umum dan penandatanganan perjanjian kerja sama ini. “Kami menyambut baik kerjasama antara DJP dan ITB Indragiri ini. Semoga melalui kerjasama ini nantinya akan membawa hal baik bagi kedua belah pihak. Hari ini juga merupakan kesempatan spesial dimana Kepala Kanwil DJP Riau langsung hadir untuk memberikan ilmu kepada kita mengenai pentingnya pajak. Terakhir, semoga melalui kerjasama ini anak-anak kami di ITB Indragiri dapat memberikan pengabdian nyata kepada masyarakat,” ujar Marwan. 

Usai melakukan penandatanganan perjanjian kerjasama, Ahmad Djamhari melanjutkan kegiatan dengan memberikan kuliah umum kepada mahasiwa/I di ITB Indragiri. 

“Generasi milenial saat ini adalah calon generasi emas Indonesia. Sekitar 20-25 tahun lagi atau sekitar tahun 2045, 60% dari proyeksi jumlah penduduk Indonesia pada saat itu yang berjumlah sekitar 297 juta jiwa akan berada di usia produktif. Bayangkan jika 60% generasi emas tersebut taat membayar pajak, maka Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) akan meningkat berkali-kali lipat, pembangunan negara akan melesat dan fasilitas yang diberikan negara akan semakin bermanfaat,” ucap Ahmad. 

Mengakhiri kuliah umumnya itu, Ahmad mengapresiasi para mahasiswa yang menjawab pertanyaan seputar perpajakan dalam bentuk souvenir. Selain itu, untuk mengukur pemahaman mahasiswa, Kanwil DJP Riau juga mengadakan Mini Quiz Perpajakan berhadiah yang diikuti oleh seluruh peserta kegiatan.

Dalam kesempatan itu, Kanwil DJP Riau dan ITB Indragiri saling bertukar cinderamata serta melakukan foto bersama dengan seluruh peserta kegiatan. Kuliah umum semacam ini nantinya akan dilakukan secara berkelanjutan mengingat pemahaman generasi muda terhadap pentingnya pajak perlu ditanamkan sejak dini. (***)

 

 


Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Ketua BAN-S/M Riau: Regulasi Baru, 2 Tahun Izin Keluar, Sekolah dan Madrasah Harus Diakreditasi

2

Tertinggi di Provinsi Riau, Kepala DKP Serahkan Sertifikat Izin Edar Registrasi PSAT pada Pelaku UMKM Pangan

3

Menangkan Prabowo dan Gibran, Ginda Burnama Di Tunjuk Jadi Korda Penerus Negeri Riau

4

Wakil Ketua DPRD Rohil Hadiri Rapat Persiapan Pemilu Serentak tahun 2024

5

Banggar DPRD Rohil Bersama TAPD dan OPD Lanjutkan Pembahasan KUA PPAS tahun 2024