MENU TUTUP

Hadir di PKKMB dan Masta. Ini Pesan Haedar Nasir Bagi Mahasiswa Baru Umri

Kamis, 14 September 2023 | 22:12:54 WIB | Di Baca : 464 Kali
Hadir di PKKMB dan Masta. Ini Pesan Haedar Nasir Bagi Mahasiswa Baru Umri



Seriau,- Ketua Umum PP Muhammadiyah, Prof Haedar Nasir memberi kuiah umum dihadapan mahasiswa baru Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI), Kamis (14/9)

Diacara Pelaksanaan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) dan Masa Ta'aruf, Haedar Nasir berpesan kepada mahasiwa baru bahwa mereka sudah menjadi bagian dari Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah (PTMA) yang telah hadir di sejumlah kota di Indonesia dan Malaysia. Karena itu, dia berharap tumbuh kebanggaan dalam diri mahasiswa pada almamaternya. Dengan kebanggaan pada almamater ini, mahasiswa diharapkan mampu menjadi pencerah muda.

" Pencerah muda yaitu sosok muda yang berilmu dan punya peran luas, insan unggul berkemajuan di berbagai bidang kehidupan dimana pun kalian nanti menjalani kehidupan," kata Haedar

Haedar juga mengucapkan selamat datang kepada mahasiswa non muslim yang memilih berkuliah di kampus Muhammadiyah. Haedar menegaskan, meski berbeda agama, Muhammadiyah tetap menyambut mereka sebagai sesama anak bangsa.

" Saya berharap, mahasiswa non muslim mampu menyatu dengan mahasiswa Muhammadiyah lainnya. "Kepada mahasiswa muslim, terimalah saudara-saudara kita ini dengan baik. Hidup bersama dalam keberagaman," katanya.

Selain itu Haedar meminta kepada mahasiswa menanamkan dalam diri semangat untuk terus bertumbuh. "Dimanapun kita kuliah, termasuk di universitas swasta, selama niatnya kokoh untuk sukses mencari ilmu, pasti bisa lebih maju," kata Prof Haedar.

Haedar pun menekankan pentingnya berakhlak baik dalam diri mahasiswa. Karena tidak ada gunanya seseorang cerdas, berilmu dan berkeahlian jika akhlaknya rusak."Jangan jadi orang cerdas tapi minus akhlak," ujarnya

Sementara Rektor UMRI, Dr Saidul Amin, MA mengatakan keberagaman mahasiswa sangat terjaga. Buktinya, dari 10 ribu lebih mahasiswa di UMRI, sekitar 660 merupakan non muslim. Ini merupakan satu sinyal bahwa Muhammadiyah adalah rumah untuk semua anak bangsa.

Mahasiswa baru Umri, tidak lagi bersifat local quality tapi harus international quality. Untuk mencapai hal itu, salah satu caranya adalah dengan melakukan kuliah kerja nyata (KKN) di luar negeri. Rencananya, mulai tahun depan UMRI sudah menerapkan KKN ke luar negeri.

Mahasiswa baru UMRI berbeda dengan yang lain. Karena mahasiswa di UMRI mampu mendayagunakan tiga hal dalam tubuh. Yaitu, hati, kepala dan tangan. Hal ini menggambarkan keimanan, pengetahuan dan teknologi serta keterampilan dalam diri tiap mahasiswa UMRI.

Ketua pelaksana yang juga Wakil Rektor III UMRI, Jufrizal Syahril dalam laporannya menyampaikan, ada 2.953 mahasiswa baru tahun ini. Jumlahnya meningkat 31 persen dibanding tahun lalu." Ketika sejumlah perguruan tinggi swasta rata-rata mengalami penurunan jumlah mahasiswa baru, UMRI justru meningkat," katanya.(zal)


Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

SE Kadisdik Riau Tentang Larangan Perpisahan di Hotel Dinilai Forkom Waktunya Kurang Tepat

2
Ketua TKD: Ini Kemenangan Masyarakat

Prabowo & Gibran Ditetapkan Jadi Presiden Wakil Presiden Terpilih

3

PT Putra Kemasindo di Sidak  Komisi IV,  Di Warnai Adu Mulut

4

ARA Perkuat Eksistensi Pendidikan di Provinsi Riau

5

Jalan Simpang SKA Di Perlebar, Ginda: Kita Dukung Semoga Cepat Terlaksana