MENU TUTUP

Meski Hanya Rp1.000, Pelajar SD Bangga Bisa Menabung Langsung ke BRK Syariah Lewat Tabungan Simpel

Rabu, 16 Agustus 2023 | 22:14:44 WIB | Di Baca : 397 Kali
Meski Hanya Rp1.000, Pelajar SD Bangga Bisa Menabung Langsung ke BRK Syariah Lewat Tabungan Simpel

 

SeRiau – Bank Riau Kepri telah menjadi pioner bank yang pertama meluncurkan tabungan Simpel di Sumatera. Sejumlah Sekolah Dasar (SD) di seluruh kantor wilayah Kabupaten dan Kota sudah mulai menggandeng Bank Riau Kepri Syariah untuk mengajarkan anak menabung sejak dini melalui program Tabungan Simpel (Simpanan pelajar) dari OJK. Kegiatan menabung langsung ke bank tanpa harus menunggu uangnya terkumpul banyak ini juga membuat para pelajar bangga.

Seperti yang terpantau di SD Negeri 17 Pandau Jaya, Kampar, Provinsi Riau pada Rabu (16/8/2023) pagi. Antusias pelajar menyetorkan uang tabungannya sangat tinggi. Bahkan terlihat jelas wajah-wajah ceria pelajar SD Negeri tersebut saat menyetorkan tabungannya, meskipun nilainya Rp5.000,- tetapi mereka senang bisa langsung menyetorkan tabungannya kepada teller BRK Syariah yang datang ke sekolah.

“Pelajar SD di sini belajar menyisihkan uang belanjanya setiap hari. Karena mereka tahu, layanan Oto Banking BRK Syariah akan datang ke sekolahnya setiap hari Rabu atau sekali dalam seminggu. Di sini mereka merasa bangga dapat menabung langsung teller bank, walaupun nilai tabungan yang akan disetor hanya Rp5.000, karena Tabungan Simpel ini bisa disetor mulai dari Rp1.000,” kata Tim Funding Officer (FO), Yusuf Hadi Prabowo yang ada dalam kegiatan itu.

Pria yang akrab disapa dengan panggilan Bowo ini menjelaskan anak-anak yang dilihatnya paham, bank adalah institusi penting bagi orang dewasa, dan ternyata mereka pun bisa bertransaksi di situ layaknya orang dewasa. Menabung merupakan sebuah pendidikan yang mengajarkan anak mengenai rasa sabar, rasa syukur serta usaha untuk mencapai tujuan yang mereka impikan.

“Makanya jumlah setoran tabungan simple anak-anak bervariasi, ada yang nilainya mencapai Rp50 ribu hingga Rp100 ribu. Untuk yang nilainya banyak ini rata-rata didampingi orangtuanya saat menyetorkan tabungannya. Kita juga terus mengedukasi anak-anak pelajar SD, tentang tujuan menabung. Sehingga anak-anak akan belajar berhemat serta mengatur keuangan dengan baik dan menjadikan menabung sebagai budaya sehari-hari,” kata Bowo lagi.

Di Bank Riau Kepri Syariah, untuk membuka Tabungan Simpel ini sangat mudah. Saldo awal tabungannya nol rupiah, tidak dikenakan biaya administrasi bulanan dan tidak dikenakan biaya bulanan lainnya. Demikian juga dengan syarat yang diperlukan untuk membuka rekening Tabungan Simpel ini cukup fotocopy KTP orangtua, fotocopy Kartu Keluarga dan Fotocopy kartu pelajar. Tabungan ini juga tidak memberikan bunga, namun sebagai gantinya siswa akan mendapatkan program reward yang disesuaikan dengan kebijakan dari setiap bank.

“Tidak hanya sekolah negeri yang bekerjasama dengan BRK Syariah bahkan sekolah swasta seperti Dharma Yudha juga sudah mengajarkan anak didiknya menabung lewat tabungan simple ini. Semoga ini memotivasi sekolah lainnya untuk mengajak anak didiknya menabung dari program Tabungan Simpel BRK Syariah, kami siap datang ke sekolah untuk menjemput tabungan anak-anak seperti yang sudah berjalan pada SD Negeri 17 Pandau dan sekolah lainnya,” tutup Bowo.(***)


Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

SE Kadisdik Riau Tentang Larangan Perpisahan di Hotel Dinilai Forkom Waktunya Kurang Tepat

2
Ketua TKD: Ini Kemenangan Masyarakat

Prabowo & Gibran Ditetapkan Jadi Presiden Wakil Presiden Terpilih

3

PT Putra Kemasindo di Sidak  Komisi IV,  Di Warnai Adu Mulut

4

Jalan Simpang SKA Di Perlebar, Ginda: Kita Dukung Semoga Cepat Terlaksana

5

DPC PDI-P Rohil Buka Penjaringan Calon Kepala Daerah Pilkada 2024