MENU TUTUP

UIR Kukuhkan Prof Anas Puri Jadi Guru Besar Ke -14 Bidang Teknik Sipil

Rabu, 09 Agustus 2023 | 00:23:51 WIB | Di Baca : 406 Kali
UIR Kukuhkan Prof Anas Puri Jadi Guru Besar Ke -14 Bidang Teknik Sipil

 

 

Seriau,- Universitas Islam Riau (UIR) kembali mengukuhkan satu Guru Besarnya, Prof. Dr. Anas Puri, S.T., M.T. menjadi Guru Besar UIR Ke - 14 dalam bidang keilmuan Teknik Sipil Fakultas Teknik Sipil UIR yang dibuktikan dalam Surat Keputusan Kemendikbud Ristekdikti Nomor 25246/M/07/2023. Pengukuhan Guru Besar UIR tersebut dilaksanakan di Auditorium Gedung Rektorat pada Selasa (08/08/2023).

Dalam gelaran pengukuhan Guru Besarnya, Prof Anas Puri turut memberikan orasi ilmiahnya tentang “Sistem Cakar Ayam dan Sistem Pelat Terpaku untuk Peningkatan Kinerja Perkerasan Kaku Pada Tanah Lunak dan Potensi Transformasinya Sebagai Perkuatan Tanah”. “Tanah Lunak (soft soils) adalah semua jenis tanah berbutir halus yang mempunyai parameter dengan kadar air tinggi, derajat kejenuhan tinggi angka pori dan porositas tinggi, tekanan air pori awal tinggi,” ujar Anas Puri.

Beliau yang merupakan satu-satunya hingga kini alumni Teknik Sipil UIR berhasil menduduki jabatan fungsional Guru Besar, menjelaskan bahwa tanah lunak mempunyai sifat kuat geser yang rendah, dan daya yang mampat besar bila terjadi peningkatan tegangan efektif.

Sebaran tanah lunak di Indonesia tersebar paling luas di wilayah Papua dan di wilayah Sumatera khususnya Riau. Fenomena tekstur tanah inilah yang mengharuskan dibutuhkannya struktur perkerasan (pavement) yang dapat melindungi tanah tersebut dari beban yang berlebihan akibat kendaraan.

“Perkerasan kaku (rigid pavement) merupakan salah satu tipe perkerasan jalan yang umum digunakan pada tanah dasar lunak. perkerasan kaku dibagi lagi menjadi dua kategori yaitu perkerasan sistem Cakar ayam (Chicken Claw System) dan Perkerasan SIstem Pelat Terpaku yang tentu memiliki masing-masing kelebihan dan kekurangan,” ungkapnya.

Rektor UIR Prof. Dr. H. Syafrinaldi, S.H., M.C.L menyampaikan selamat atas telah resminya Guru Besar UIR ke 14 itu dilantik sebagai pencapaian tertinggi dalam karier dan fungsional seorang dosen.

“Hari ini merupakan hari yang sangat berbahagia karena satu persatu rekan dosen kita berhasil menduduki fungsional dosen tertingginya yaitu menjadi guru besar, Selamat kepada Prof Anas Puri atas dilantik menjadi Guru Besar ke 14 UIR, semoga tetap terus bersemangat dan tidak terlena untuk bertanggung jawab menjalankan kewajiban catur dharma pendidikan,” ucap Rektor.

Rektor pun juga menambahkan dengan banyaknya pencapaian UIR seperti dominasi guru besar, rasio dosen bergelar doktor terbanyak, aktivitas internasional yang terbilang sangat aktif dapat menjadi motivasi bagi sivitas akademika UIR lainnya untuk terpacu menjadi Profesor serta kebijakan yang lebih prioritas dari LLDIKTI Wilayah X selaku lembaga pengusul dan penjembatan Guru Besar ke Kementerian Ristekdikti RI.

Turut hadir dalam pengukuhan tersebut, Ketua Umum YLPI Riau Prof. Dr. H. Nurman, M.Si., Analis SDM Aparatur Ahli Muda LLDIKTI X Reri Anton, S.T., M.M., Guru Besar Teknik Sipil UGM Prof. Dr. Ir. H. Hari Christiadi Hardiyatmo, M.Eng., DEA., Firmansyah Eka Putra, S.T., M.T Staf Ahli Hukum dan Pemerintahan Pemko Pekanbaru, serta jajaran pimpinan ditingkat YLPI Riau dan UIR lainnya.(rls/zal)


Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

SE Kadisdik Riau Tentang Larangan Perpisahan di Hotel Dinilai Forkom Waktunya Kurang Tepat

2
Ketua TKD: Ini Kemenangan Masyarakat

Prabowo & Gibran Ditetapkan Jadi Presiden Wakil Presiden Terpilih

3

PT Putra Kemasindo di Sidak  Komisi IV,  Di Warnai Adu Mulut

4

ARA Perkuat Eksistensi Pendidikan di Provinsi Riau

5

Jalan Simpang SKA Di Perlebar, Ginda: Kita Dukung Semoga Cepat Terlaksana