MENU TUTUP

1200 Anak di Daerah 3 T Sekolah dengan Sistem Sekolah Terbuka

Kamis, 01 Juni 2023 | 13:46:42 WIB | Di Baca : 437 Kali
1200 Anak di Daerah 3 T Sekolah dengan Sistem Sekolah Terbuka


 

Seriau,- Sebanyak 1200 anak yang berada di daerah 3 T (terdepan terluar dan tertinggal) mengikuti penyelenggaraan program sekolah terbuka. Jumlah siswa ini tersebar di 5 kabupaten kota di Riau yakni Inhil Meranti, Kampar, Siak dan Rohul.

" Berdasarkan data yang diterima dari Dinas Pendidikan Provinsi Riau, ada 1200 anak didaerah 3 T yang belajar dengan sistem sekolah terbuka. Siswa ini belajar di 60 Tempat Kegiatan Belajar (TKB)," kata Kabid PKPLK Disdik Riau Fitra Jaya Purnama ST MT, saat membuka kegiatan Rakor Evaluasi Implementasi Penyelenggaraan SMA Terbuka 2023, Rabu (31/5) di Hotel Furaya Pekanbaru.

Sekolah terbuka, kata Fitra, salah satu kebijakan pemerintah untuk memberikan layanan pendidikan bagi anak yang berada di daerah 3 T. Fasilitas pendidikan di daerah 3 T masih sangat minim bahkan tidak ada. Oleh sebab itu, melalui program sekolah terbuka ini bisa memberikan layanan pendidikan bagi anak yang berada di daerah 3 T.

Sekolah terbuka ini nantinya berinduk kepada sekolah reguler. Setelah menamatkan pendidikan, siswa juga memperoleh ijazah yang dikeluarkan oleh sekolah induknya." Walaupun belajar di TKB, siswa mendapatkan ijazah dari sekolah induknya," kata Fitra

Mengenai persentase pembelajaran di sekolah terbuka, kata Fitra, lebih banyak dilakukan secara mandiri oleh siswa. Sedangkan pembelajaran tatap muka hanya sekian persen. Pembelajaran secara mandiri dengan modul yang siapkan untuk siswa dan dipandu oleh guru kunjung.

" Pembelajaran tatap muka persentase hanya sekitar 20 persen oleh guru kunjung dari sekolah induk. Sedangkan persentase belajar mandiri sekitar 80 persen melalui modul yang disiapkan sekolah induk maupun Dinas Pendidikan Provinsi Riau," terang Fitra.

Ditambahkan Fitra, dengan adanya sekolah terbuka bisa menaikkan Angka Partisipasi Murni (APM) di Riau khususnya pendidikan menengah sederajat yang saat ini baru 68 persen. Program sekolah terbuka ini diharapkan indeks APM bisa meningkat.

Begitu juga dengan rata rata lama sekolah di Riau sekitar 9, 22 tahun dengan sekolah terbuka tentunya bisa meningkatkan rata rata lama sekolah di Riau.

Guna membahas penyelenggraan SMA Terbuka 2023, Disdik Riau mengelar Rakor Evaluasi Implementasi Penyelenggraan SMA Terbuka 2023. Rakor ini diikuti 60 peserta terdiri dari kepala sekolah dan wakil kepala sekolah bidang kurikulum." Kegiatan ini diharapkan  bisa meningkatkan pemahaman dan dan peningkatan profesioanal bagi penyelenggaran sekolah terbuka," kata Julita saat membacakan laporan panitia. (zal)
 


Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

TAF Daftarkan Agung Ke PDIP

2

Maju Pilkada, Mantan Wakil Bupati Rohil Daftarkan Diri ke PDI P Rokan Hilir

3

Bahas LKPJ 2023, Ketua DPRD Rohil Singgung Naiknya Angka Kemiskinan

4

BAN-PDM Provinsi Riau Gelar Rakorda Pertama, Sebanyak 2062 Satuan Pendidikan di Akreditasi Tahun Ini

5

SE Kadisdik Riau Tentang Larangan Perpisahan di Hotel Dinilai Forkom Waktunya Kurang Tepat