MENU TUTUP

Tinggal 2 Hari Lagi Berakhir, 165 Ribu Kendaraan Manfaatkan Program 7 Berkah Pajak Daerah

Senin, 29 Mei 2023 | 14:36:11 WIB | Di Baca : 449 Kali
Tinggal 2 Hari Lagi Berakhir, 165 Ribu Kendaraan Manfaatkan Program 7 Berkah Pajak Daerah

 

Seriau,- Program 7 Berkah Pajak Daerah yang ditetapkan Pemerintah Provinsi Riau tinggal 2 hari lagi. Program yang berakhir tanggal 31 Mei ini, sangat dirasakan manfaatnya oleh wajib pajak kendaraan.

Berdasarkan data yang diterima dari Badan Pendapatan Daerah (Bapaenda) Provinsi Riau, sebanyak 165 kendaraan memanfaatkan program 7 berkah pajak daerah.

" Ada sebanyak 165 ribu kendaraan yang memanfaatkan program 7 berkah pajak daerah. Dimana, 148 ribu kendaraan yang memanfaatkan program pemutihan penghapusan sangksi administrasi atau denda," kata Kepala Bidang Pajak Daerah Bapenda Riau, Muhammad Sayoga, Senin (29/5) di Pekanbaru

Tidak hanya pemutihan denda, namun kata Yoga, mutasi kendaraan juga mengalami lonjakan. Hampir 5 ribuan kendaraan mutasi masuk yang sebelumnya kendaraan teregistrasi di luar Provinsi Riau, namun sekarang adanya program 7 berkah pajak daerah ini banyak kendaraan luar Riau yang sekarang teregistrasi masuk ke Nopol Riau (BM)." Ada 5 ribuan kendaraan yang sebelumnya teregistrasi diluar Riau dan mutasi masul Nopol Riau," kata Yoga

Sementara, jumalah dana yang diraup dari Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) se Provinsi Riau mencapai Rp 670 miliar atau 48,8 persen dari target Rp Rp 1,3 triliun. Jumlah ini akan bertambah menjelang berakhirnya program 7 berkah pajak daerah tanggal 31 Mei ini.

Yoga juga mengatakan apakah program ini perpanjang atau tidak, dirinya belum mendapatkan informasi, tapi arah untuk diperpanjang itu ada, tinggal menunggu petunjuk dan arahan Gubernur Riau dan Kepala Badan Pendapatan Daerah." Kita tunggu saja arahan bapak Gubernur Riau dan Kepala Bapenda Riau apakah diperpanjang atau tidak," ujar Yoga.

Yoga menghimbau kepada masyarakat yang belum memanfaatkan program 7 berkah pajak daerah agar bisa memanfaatkan program tersebut. Sebab, hanya tinggal 2 hari lagi. Dalam program 7 berkah pajak daerah ini ada beberapa manfaat yang dirasakan langsung oleh masyarakat. Pertama, penghapusan sanksi administrasi atau dendanya.

Selain itu, program ini juga untuk kendaraan dari luar riau (non BM) yang ingin mutasi kendaraan nopolnya bisa memafaatkan program ini dengan bebas balik nama. Bagi wajib pajak berbadan usaha yang nopolnya masih non BM juga dibebaskan biaya baliknya dan pokok pajak tahun pertama juga di diskon sebesar 50 persen.

Bagi masyarakat yang ingin balik nama kendaraannya yang pernah ikut lelang dan ingin registrasi ulang juga akan dibebaskan biaya pengurusan balik namanya. (zal)

 


Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

SE Kadisdik Riau Tentang Larangan Perpisahan di Hotel Dinilai Forkom Waktunya Kurang Tepat

2
Ketua TKD: Ini Kemenangan Masyarakat

Prabowo & Gibran Ditetapkan Jadi Presiden Wakil Presiden Terpilih

3

PT Putra Kemasindo di Sidak  Komisi IV,  Di Warnai Adu Mulut

4

Jalan Simpang SKA Di Perlebar, Ginda: Kita Dukung Semoga Cepat Terlaksana

5

DPC PDI-P Rohil Buka Penjaringan Calon Kepala Daerah Pilkada 2024