MENU TUTUP

UIR Berikan Layanan Pendidikan Berkualitas di Wilayah Terpencil Thailand dan Kamboja

Ahad, 05 Maret 2023 | 22:06:59 WIB | Di Baca : 536 Kali
UIR Berikan Layanan Pendidikan Berkualitas di Wilayah Terpencil Thailand dan Kamboja

 

Seriau,- Memasuki usia 61 Tahun, Universitas Islam Riau (UIR) kerap melebarkan jejaring internasional dengan negara-negara di Eropa, Asia, dan Asia Tenggara salah satunya Thailand dan Kamboja. Delegasi UIR yang dipimpin Kepala Kantor Urusan Internasional dan Kerjasama (KUIK) Dr. Rendi Prayuda S.I.P., M.Si bersama dengan Dekan Fakultas Agama Islam (FAI) Assoc. Prof. Dr. Zulkifrli Rusby, M.M., M.E.Sy, Wakil Dekan III FAI Dr. H. Saproni, M.Ed, Direktor Direktorat Dakwah Islam Kampus (DDIK) UIR Dr. Anton Afrizal Chandra, S.Ag., M.Si, menandatangai nota kesepahaman dan kerjasama antara UIR dan Mufti Kamboja pada kesepatan di bidang Catur Dharma dan penerimaan mahasiswa asing dari Kamboja di UIR.

Saat dihubungi melalui pesan singkat, Rendi menjelaskan UIR saat ini terdapat 17 orang mahasiswa asal Kamboja yang menikmati pendidikan berkualitas di UIR. Sejak 2021, UIR melalui KUIK telah menjalin kerjasama dengan madrasah dan pesantren yang ada di Kamboja dan Thailand dalam upaya turut memberikan pengaruhnya pada bidang pendidikan tinggi di Kawasan Asia Tenggara. Pada kesempatan serupa, Wakil Rektor III Dr. Admiral, S.H., M.H dalam keterangannya melalui sambungan seluler saat berada di Thailand menjelaskan bahwa animo masyarakat dan siswa siswi Thailan kuliah di UIR sangat tinggi.

“Saat kami datang berkunjung ke sekolah Thamavitya Mulniti School dan Perguruan Jisda di Yala kami merasakan kehangatan penerimaan UIR disana dan dalam kesempatan serupa saya dan tim pun disambut oleh alumni kami yang telah lulus dari UIR”, sambung Admiral.

Thailand dan Kamboja adalah negara tetangga dengan Indonesia dan Riau serta UIR adalah destinasi pendidikan yang paling diminati karena selain berkualitas, letak geografis dan kemiripan budaya memberikan kesan baik bagi para murid dan siswa yang ditemui oleh tim Delegasi Internasional UIR.

Dalam dua hari lawatan ke Thailand dan Kamboja delegasi UIR yang dipimpin oleh Dr. Admiral, S.H., M.H melakukan sejumlah penandatangan MoU, MoA dan implementation agreement (IA) pada aktifitas pengabdian kepada masyarakat internasional serta promosi UIR dalam upaya meningkatkan animo masyarakat internasional untuk masuk dan kuliah di UIR.

“Target kita ke Thailand dan Kamboja ini adalah untuk memberikan layanan kepada wilayah-wilayah terpencil dan membutuhkan Pendidikan tinggi yang berkualitas”, ungkap Rektor saat dihubungi melalui sambungan pesan singkat.

UIR secara terus menerus dan konsisten melakukan jalinan kerjasama dan pengabdian kepada masyarakat di wilayah terpencil pada Provinsi Yala dan Satun yang harus ditempuh dalam kurun waktu 12 jam melalui darat dari Bangkok,Thailand serta Champ, Provinsi terpencil di Kamboja yang berjarak 200km dari Phonm Penh Ibukota Kamboja. Upaya ini dilakukan untuk memenuhi dharma ke empat UIR yaitu Dakwah Islamiah. UIR komit untuk terus memberikan pelayanan internasional pada masyarakat asing yang membutuhkan akses pada pendidikan tinggi berkualitas. (rls/zal)


Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Jalan Simpang SKA Di Perlebar, Ginda: Kita Dukung Semoga Cepat Terlaksana

2

DPC PDI-P Rohil Buka Penjaringan Calon Kepala Daerah Pilkada 2024

3

Open House Hari Kedua di Kediaman Wakil Ketua DPRD Riau Agung Nugroho Dihadiri 3.000 Warga

4

Lapas Bagansiapiapi Bersama Warga Binaan Gelar Shalat Idul Fitri 1445 H

5

Negara Hadir, 85 KK Warga Dusun Terpencil di Pelalawan Riau Kini Nikmati Listrik PLN 24 Jam Jelang Idul Fitri 1445 H