MENU TUTUP

Plt Kadisdik Riau: Karya Siswa SMKN 3 Pekanbaru Tak Kalah dengan Dunia Usaha

Rabu, 08 Februari 2023 | 23:56:07 WIB | Di Baca : 1621 Kali
Plt Kadisdik Riau: Karya Siswa SMKN 3 Pekanbaru Tak Kalah dengan Dunia Usaha

 

Seriau,- Plt Kepala Dinas Pendidikan Riau, M. Job Kurniawan mengaku berbangga dengan hasil karya siswa SMKN 3 Pekanbaru. Dirinya menilai masakan siswa SMKN 3 tidak kalah dengan masakan yang ada di hotel.

Hal ini dikatakan Plt Kadisdik Riau saat menghadiri dan mencicipi makanan dan minuman hasil karya siswa SMKN 3 Pekanbaru yang ditampilkan saat kegiatan Gebyar Vokasi Pameran dan Bazar SMKN 3 Pekanbaru, Rabu (8/2) 

Selain dihadiri Plt Kadisdik Riau, kegiatan Gebyar Vokasi Pameran dan Bazar ini juga dihadiri Sekretaris Disdik Riau Tati Lindawati, Kabid SMK Dr Arden, DUDI, pelaku Industri, Ketua Forkom, kepala SMKN Pekanbaru, komite sekolah dan puluhan sponsor yang telah mendukung kegiatan ini

M Job juga mengatakan siswa SMK harus bisa menempuh pendidikan sesuai passion-nya. Untuk pengembangan vokasi, Disdik juga mendukung SMK menjadi Badan Usaha.

" Jika sudah Badan Usaha, maka karya siswa SMK bisa dipakai dijual keluar. Masakannya bisa dijual, hotelnya bisa dipakai dan sebagainya," kata M Job

Dirinya juga mendorong, siswa mampu menghasilkan makanan yang baik, desain fashion yang bagus dan sebagainya. Sehingga, ke depan tidak ada lulusan SMK yang hanya ingin menjadi tenaga honorer. Tetapi, mampu membuat merek kuliner atau fashion sendiri.

" Saya harapkan, pihak sekolah didorong selalu berinovasi. Sekolah harus menyesuaikan diri dengan kondisi di sekitarnya. Untuk itu, kurikulum di sekolah harus ada link and match dengan dunia usaha," katanya

Sementara itu Kepala SMKN 3 Pekanbaru, Hj Rita Johan S.Pd, MM mengatakan Gebyar Vokasi Pameran dan Bazar di SMKN 3 Pekanbaru berlangsung tanggal 8 hingga 9 Februari itu memamerkan sejumlah karya siswa di sekolah tersebut.

Kegiatan ini merupakan program rutin tahunan untuk menyuguhkan hasil keterampilan dan inovasi siswa kelas XII. Karya itu dinilai oleh para guru sebagai nilai praktik semester VI. 

" Ini juga ajang bagi pelaku industri melihat karya siswa. Sehingga mereka bisa merekrut siswa langsung," ujar Rita usai kegiatan.

Dijelaskan Rita, karya yang ditampilkan ada yang sifatnya pribadi maupun kelompok. Namun, proses penilaian tetap dilakukan pribadi meskipun dikerjakan secara kolektif. 
Dijelaskan dia, ada 34 donatur yang jadi sponsor dalam kegiatan ini. Lalu, ada juga peserta bazar dari luar sekolah. 

Menurut Rita, tahun ini, apa yang ditampilkan siswa telah disesuaikan dengan masukan-masukan pihak industri." Misalnya, ada penampilan fashion, boga, perhotelan, dan sebagainya itu akan dilihat langsung oleh pihak industri," ujarnya (zal)


Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

SE Kadisdik Riau Tentang Larangan Perpisahan di Hotel Dinilai Forkom Waktunya Kurang Tepat

2
Ketua TKD: Ini Kemenangan Masyarakat

Prabowo & Gibran Ditetapkan Jadi Presiden Wakil Presiden Terpilih

3

PT Putra Kemasindo di Sidak  Komisi IV,  Di Warnai Adu Mulut

4

ARA Perkuat Eksistensi Pendidikan di Provinsi Riau

5

Jalan Simpang SKA Di Perlebar, Ginda: Kita Dukung Semoga Cepat Terlaksana