MENU TUTUP

SNBP 2023 Universitas Riau, Dibuka untuk Semua Prodi. Ini Syaratnya

Jumat, 06 Januari 2023 | 12:48:22 WIB | Di Baca : 1183 Kali
SNBP 2023 Universitas Riau, Dibuka untuk Semua Prodi. Ini Syaratnya

 

Seriau- Universitas Riau (Unri) mulai mempersiapkan diri untuk melaksanakan Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2023. Di tahap awal pihak Unri bakal melakukan sosialisasi pelaksanaan SNBP ke daerah-daerah.

" Tahap awal tentu kita akan melakukan sosialisasi terlebih dahulu ke daerah-daerah," ujar Rektor Unri, Prof Dr Sri Indarti SE, M.Si, Rabu (4/1/2023). Sosialisasi diperlukan agar siswa calon peserta mengetahui bagaimana sistem SNBP yang sebelumnya dikenal sebagai Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) itu.

Rektor menjelaskan, terkait kuota penerimaan, Unri menyamakan dengan pelaksanaan SNMPTN tahun lalu. Dimana, minimal yang diterima dari SNBP ini adalah 20 persen dari daya tampung mahasiswa di tahun ajaran 2023.

Terkait program studi (Prodi) yang bisa diambil peserta SNBP, Sri Indarti menegaskan semua Prodi yang ada di Unri dapat dipilih." Tidak mungkin kan ada Prodi yang kita tutup untuk peserta SNBP ini," ujar Rektor. Dia berharap, pelaksanaan SNBP tahun ini bisa berjalan lancar.

Terkait pilihan Prodi setiap siswa dari jurusan IPA, IPS atau Bahasa diizinkan memilih Prodi di perguruan tinggi negeri (PTN).  Setiap siswa dapat memilih dua program studi dari satu PTN atau dua PTN.

Jika memilih dua program studi, salah satu harus berada di PTN pada provinsi yang sama dengan SMA/MA/SMK asalnya. Jika memilih satu program studi, dapat memilih PTN yang berada di provinsi manapun

Untuk diketahui, persentase kuota tiap sekolah ditentukan berdasar akreditasi.  Untuk sekolah yang terakreditasi A, kuotanya 40 persen siswa terbaik. Sementara sekolah akreditasi B sebanyak 25 persen siswa terbaik dan sekolah akreditasi C kuotanya 5 persen siswa terbaik.

Dilansir dari situs resmi Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI, pmb.bppp.kemdikbud.go.id, disebutkan bahwa peserta SNBP merupakan siswa SMA/MA/SMK kelas terakhir (kelas 12) pada tahun 2023 yang memiliki prestasi unggul.

Syaratnya, calon peserta memiliki prestasi akademik dan memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh masing-masing PTN, memiliki NISN dan terdaftar di PDSS, memiliki nilai rapor semester 1 sampai dengan 5 yang telah diisikan di PDSS. Sementara, peserta yang memilih program studi bidang seni dan olahraga wajib mengunggah portofolio. (zal)


Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

SE Kadisdik Riau Tentang Larangan Perpisahan di Hotel Dinilai Forkom Waktunya Kurang Tepat

2
Ketua TKD: Ini Kemenangan Masyarakat

Prabowo & Gibran Ditetapkan Jadi Presiden Wakil Presiden Terpilih

3

PT Putra Kemasindo di Sidak  Komisi IV,  Di Warnai Adu Mulut

4

Jalan Simpang SKA Di Perlebar, Ginda: Kita Dukung Semoga Cepat Terlaksana

5

DPC PDI-P Rohil Buka Penjaringan Calon Kepala Daerah Pilkada 2024