MENU TUTUP

Perdana, Disdik Riau Gelar Lomba Tahfidz Bagi Siswa SMA se Provinsi Riau

Selasa, 25 Oktober 2022 | 07:08:22 WIB | Di Baca : 1095 Kali
Perdana, Disdik Riau Gelar Lomba Tahfidz Bagi Siswa SMA se Provinsi Riau

 

Seriau,- Dinas Pendidikan Provinsi Riau melaksanakan Lomba Tahfidz Bagi Siswa SMA se Provinsi Riau. Lomba tahfidz yang perdana digelar, dibuka oleh Plt Kadisdik Riau M Job Kurniawan, Senin, (24/10) di Hotel Mutiara Merdeka Pekanbaru

Kadisdik Riau dihadapan peserta dan pembimbing mengatakan, lomba tahfidz ini sebagai bentuk komitmen Disdik Riau dalam melahirkan siswa  siswa SMA penghafal alquran di Provinsi Riau. Lomba ini, sejalan dengan apa yang menjadi keinginan dari perguruan tinggi untuk menerima mahasiswa baru melalui jalur khusus salah satunya tahfidz alquran.

" Saat ini banyak perguruan tinggi bahkan dan sekoah kedinasan yang membuka jalur tafhidz. Lomba ini salah satu wadah bagi siswa untuk menyalurkan bakat dalam menghafal alquran," kata M Job Kurniawan saat membuka lomba tahfudz bagi siswa SMA se Provinsi Riau, Senin (24/10).

Job juga mengatakan peserta yang merupakan siswa terbaik dari MKKS SMA kabupaten/ kota di Riau agar bisa menjadi penghafal alquran yang berdasarkan penelitian siswa penghafal alquran mempunyai IQ dan kepintaran yang tinggi. Dirinya meminta agar tahun depan, lomba tahfidz ini tidak hanya mengikutsertakan siswa SMA tapi juga siswa SMK.

Sementara itu, ketua panitia lomba tahfidz Hj Elvira Yuaningtias mengatakan jumlah peserta yang mengikuti lomba tahfidz alquran bagi siswa SMA se Provinsi Riau berjumlah 72 orang dengan rincian masing masing daerah mengirimkan 6 peserta terdiri dari 3 putra dan 3 putri. Setiap peserta juga didampingi satu orang pembimbing. Lomba ini berlangsung tanggal 24 hingga 27 Oktober. Juri berasal dari LPTQ Provinsi Riau.

Jenis lomba yang dipertandingkan dalam tahfidz alquran dibagi dalam 3 kategori yakni kategori 1 hafalan juz 1, juz 29 dan juz 30. Selanjutya, kategori 2 hafalan juz 28, juz 29 dan juz 30 dan kategori 3 hafalan bebas." Setiap kategori ada pemenangnya putra dan putri. Panitia juga menyediakan hadiah berupa sertifikat, piala dan uang pembinaan," katanya. 

Ditambahkan Elvira, tujuan lomba tahfid ini untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan agama islam bagi siswa. Selain itu, menumbuh kembangkan dan meningkatkan kreatifitas siswa dalam bidang agama islam serta menjalin persaudaraan dan silaturahmi antar siswa (zal)


Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

SE Kadisdik Riau Tentang Larangan Perpisahan di Hotel Dinilai Forkom Waktunya Kurang Tepat

2
Ketua TKD: Ini Kemenangan Masyarakat

Prabowo & Gibran Ditetapkan Jadi Presiden Wakil Presiden Terpilih

3

PT Putra Kemasindo di Sidak  Komisi IV,  Di Warnai Adu Mulut

4

ARA Perkuat Eksistensi Pendidikan di Provinsi Riau

5

Jalan Simpang SKA Di Perlebar, Ginda: Kita Dukung Semoga Cepat Terlaksana