MENU TUTUP

Disdik Riau Beri Pendampingan LSP P1, BNSP: Sertifikat Kompetensi Sangat Dibutuhkan di Dunia Kerja.

Kamis, 20 Oktober 2022 | 19:05:30 WIB | Di Baca : 825 Kali
Disdik Riau Beri Pendampingan LSP P1, BNSP: Sertifikat Kompetensi Sangat Dibutuhkan di Dunia Kerja.

 

Seriau,- Dinas Pendidikan Provinsi Riau melaksanakan kegiatan Pendampingan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP)-P1 bagi guru SMK. Pendampingan yang diikuti asesor dari berapa SMK di Riau ini berlangsung selama 2 hari di Hotel Mutiara Merdeka Pekanbaru.

Narasumber dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) Lamria mengatakan bahwa sertifikasi profesi siswa yang dikeluarkan oleh sekolah maupun dunia kerja dan industri sangat diperlukan bagi lulusan tamatan SMK dalam mencari pekerjaan.

Sebab dengan sertifikasi sebagai bentuk pengakuan dari dunia kerja bahwa seseorang telah mempunyai  kemampuan dibidangnya." Oleh karena itu, bagi lulusan SMK yang penting itu sertifikat kompetensinya. Sedangkan ijazah sebagai bukti siswa telah menamatkan pendidikan," kata Lamria, Rabu (19/10) disela acara pembukaan di Hotel Mutiara Merdeka Pekanbaru

Lamria juga mengatakan sejuah ini, jumlah SMK yang mempunyai LSP P1 masih sangat minim sekitar 1500 SMK dari jumlah SMK di Indonesia mencapai 15.000 an. Lamria mengharapkan agar sekolah yang belum mempunyai LSP P1 bisa menyiapkan seluruh persyaratan untuk mendapatkan LSP P1 salah satunya memiliki asesor dan lulus seleksi." Kalau saya nilai, asesor di SMK masih kurang sehingga sekolah sulit mempunyai LSP P 1. Harus ada asesor dulu," kata Lamria.

Sementara itu Koordinator Pengawas Disdik Riau Suyanto mewakili Plt Kadisidik Riau saat membuka kegiatan mengatakan, LSP P1 sangat diperkukan bagi lulusan SMK. Sebab, dunia usaha dan industri sangat membutuhkan lulusan yang mempunyai sertifikat kompetensi baik itu yang dikeluarkan oleh sekolah dan dunia usaha.

" Dengan sertifikat kompetensi ada pengakuan bagi seseorang itu sudah teruji dan punya kemampuan dalam bidang yang digelutinya. Makanya, sekolah didorong untuk mempunyai LSP P1," kata Suyanto.

Suyanto menambahkan sehebat dan sepintar apapun, tapi belum ada pengakuan kompetensi yang dibuktikan dengan sertifikat, maka belum menjadi prioritas bagi dunia kerja dan industri." Saat ini tidak hanya LSP P1 dan P2 saja, kalau dapat lulusan itu mempunyai sertifikat LSP P3 dan ini biasanya langsung diterima di dunia kerja," katanya. (zal)


Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

SE Kadisdik Riau Tentang Larangan Perpisahan di Hotel Dinilai Forkom Waktunya Kurang Tepat

2
Ketua TKD: Ini Kemenangan Masyarakat

Prabowo & Gibran Ditetapkan Jadi Presiden Wakil Presiden Terpilih

3

PT Putra Kemasindo di Sidak  Komisi IV,  Di Warnai Adu Mulut

4

ARA Perkuat Eksistensi Pendidikan di Provinsi Riau

5

Jalan Simpang SKA Di Perlebar, Ginda: Kita Dukung Semoga Cepat Terlaksana