MENU TUTUP

Jadi Guru Inti Geografi, Ermita Ingin Geografi Jadi Mata Pelajaran Diminati Siswa

Selasa, 11 Oktober 2022 | 19:42:48 WIB | Di Baca : 1287 Kali
Jadi Guru Inti Geografi, Ermita Ingin Geografi Jadi Mata Pelajaran Diminati Siswa

 

Seriau,- Setelah ditetapkan menjadi guru inti Geografi Kota Pekanbaru oleh Dinas Pendidikan Provinsi Riau 8 September lalu, Ermita Dahliana.M.Pd guru SMAN 11 Pekanbaru bertekad membawa perubahan agar mata pelajaran geografi menjadi mata pelajaran diminati oleh siswa. Sebab, banyak anggapan mata pelajaran goegrafi tidak begitu diminati siswa.

" Saya ingin mata pelajaran geografi menjadi mata pelajaran yang disukai sehingga siswa tertarik dan menjadi mata pelajaran yang diminati siswa," kata Ermita Dahliana.M.Pd, ketika bincang bincang, Senin (10/10) di Pekanbaru.

Selain ingin menjadi mata pelajaran yang menyenangkan, Ermita juga ingin mengubah pola pembelajaran mengunakan beberapa metode misalnya dengan permainan game yang bisa membuat siswa tidak ngantuk dalam menyerap pelajaran geografi. Apalagi, kebanyakan jadwal mata pelajaran geografi diletakan di jam pelajaran terakhir.

" Kalau sudah jam terakhir ini biasa siswa ngantuk, makanya kita ingin siapkan metode pembelajaran yang tidak membuat siswa ngantuk salah satunya metode belajar dengan permainan game geografi," terang Ermita.

Ditambahkan Ermita, sebagai guru inti Kota Pekanbaru, dirinya siap berkontribusi dengan guru geografi lainnya. Hal ini juga menjadi salah satu tugas guru inti untuk menshare informasi terbaru model pembelajaran kepada guru geografi yang tergabung dalam MGMP.

Guna memantau pembelajaran geografi ke sekolah ini, mesti ada jadwal dari Disdik Riau." Ya, rencananya tanggal 15 Oktober dan 29 Oktober kita akan ada sosialisasi ke MGMP," sebut Ermita.

Saat ini, SMAN 11 Pekanbaru telah memiliki 2 orang guru inti mata pelajaran yakni satu guru inti geografi dan satu lagi guru inti mata pelajaran fisika. Guru inti geografi level Kota Pekanbaru hanya dua orang meskipun waktu seleksi guru inti geografi yang diusulkan 5 orang dari MKKS. Namun, setelah diseleksi oleh Disdik Riau terpilihlah dua orang setiap kabupaten/kota." Saya dan satu lagi guru sekolah lainnya  dari terpilih sebagai guru inti geografi Kota Pekanbaru," ujar Ermita. (zal)


Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

SE Kadisdik Riau Tentang Larangan Perpisahan di Hotel Dinilai Forkom Waktunya Kurang Tepat

2
Ketua TKD: Ini Kemenangan Masyarakat

Prabowo & Gibran Ditetapkan Jadi Presiden Wakil Presiden Terpilih

3

PT Putra Kemasindo di Sidak  Komisi IV,  Di Warnai Adu Mulut

4

ARA Perkuat Eksistensi Pendidikan di Provinsi Riau

5

Jalan Simpang SKA Di Perlebar, Ginda: Kita Dukung Semoga Cepat Terlaksana