MENU TUTUP

Beri Perlindungan Kepada Atlet, KONI Riau Gandeng BPJS Ketenagakerjaan

Kamis, 13 Oktober 2022 | 10:59:54 WIB | Di Baca : 1168 Kali
Beri Perlindungan Kepada Atlet, KONI Riau Gandeng BPJS Ketenagakerjaan

 

SeRiau - Sebagai bentuk komitmen dan kepedulian untuk memberi perlindungan kepada atlet, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Riau, menggandeng BPJS Ketenegakerjaan cabang Pekanbaru, melalui nota kesepahaman penandatanganan MoU, antara Ketua Umum KONI Riau, Iskandar Hoesin dengan Kepala BP Jamsostek Pekanbaru Kota, Uus Supriyadi, Rabu (12/10).

Ketua umum KONI Riau, Iskandar Hoesin, mengatakan, pemberian BPJS Ketenagakerjaan kepada atlet termasuk pengurus KONI Riau ini, sebagai bentuk perhatian dirinya terhadap atlet yang telah berjuang dalam membela nama haru Riau, diberbagai iven olahraga, baik Nasional maupun Internasional. 

“Dalam menjalani latihan dan bertanding tentunya memiliki resiko yang tinggi terhadap atlet. Persaingan yang ketat meraih prestasi dan menjadi juara, membuat atlet kita berjuang mati-matian dan bisa saja mengalami cedera. Untuk itulah kita berfikir untuk memberikan kenyamanan kepasa atlet dalam menjalani latihan dan bertanding, dengan memasukjan sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan,” ujar Iskandar Hoesin.

Dijelaskan Iskandar Hoesin, atlet juga rentan mengalami risiko sosial ekonomi, khususnya saat mereka memutuskan untuk pensiun dari dunia olah raga atau telah memasuki hari tua. Melalui program BPJS Ketenagakerjaan ini, jaminan bagi atlet bisa terjaga. Karana dalam program PBJS Ketenagakerjaan bisa dimanfaatkan.

“Kita ikut memperhatikan kesejahteraan atlet kita, dengan mengasuransikan untuk menjamin kesehatan. Jadi kita akan mulai dari atlet kita yang tergabung di KONI Riau, mulai pelaksanaan Porprov semua atlet kita sudah terdaftar di PBJS Ketenagakerjaan. Kami juga menganjurkan ke KONI Kabupatwn Kota juga ikut secara berjenjang, termasuk Pengprov Cabor yang atletnya tidak masuk dalam pembinaan KONI,” kata Iskandar Hoesin.

Sementara itu, Deputi Direktur Wilayah Kanwil Sumbar-Riau BPJS Ketenagakerjaan, Eko Yuyulianda, menyambut baik komitmen dari KONI Riau, dengan memberikan perlindungan terhadap atlet, bekerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan sebagai peserta. Pihaknua siap mwndukung kerjasama yang telah terjalin dalam MoU.

“Kami akan berusaha memberikan yang terbaik bagi atlet Riau, yang telah tegabung dalam PBJS Ketenagakerjaan. Dengan telah terjalinnya kerjasama ini bisa dikomunikasikan dengan baik antara BPJS ketenagakerjaan dan KONI Riau. Kami akan bekerja maksimal terhadap dan pengurus jika terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan,” kata Eko.

“Banyak keuntungan yang didapatkan oleh alet dalam menjalani kegiatan. Terutama jika terjadi kecelakaan saat akan latihan ataupun bertanding. Begitu juga saat akan pergi latian jika terjadi kecelakaan, yang memang tidak kita inginkan. Bantuan-banguan dari BPJS Ketenagakerjaan akan diberikan,” tambahnya.

Manfaat yang bisa didapatkan para atlet diantaranya perawatan tanpa batas biaya sesuai indikasi medis hingga sembuh bagi atlet yang mengalami kecelakaan kerja yaitu cedera saat bertanding. Apabila dalam masa pemulihan dan tidak dapat berkompetisi untuk sementara waktu, BP Jamsostek akan memberikan Santunan Sementara Tidak Mampu Bekerja (STMB) 

Selain manfaat tersebut, jika atlet meninggal dunia karena kecelakaan kerja saat bertanding, maka ahli waris berhak mendapatkan santunan JKK. Namun apabila meninggal dunia bukan karena kecelakaan kerja maka santunan, tetap akan diberikan.(rls)


Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Didominasi Universitas Ternama di Indonesia, 43 Siswa MAN 2 Pekanbaru Lulus SNBP

2

SMAN 8 Pekanbaru Salurkan Bansos Ramadhan Rp 143 Juta dengan 612 Penerima Paket Sembako

3

Buruh Korban Cacat Akibat Kerja Mengadukan Nasibnya kepada Anggota DPRD Provinsi Riau

4

DPW Iluni UNP Riau Buka Puasa Bersama, Arden: Mari Bangun Sinergisitas dan Perkuat Silaturahmi.

5

Safari Ramadhan 1445, Ginda Burnama Ajak Umat Muslim Ramaikan Masjid