MENU TUTUP

Minimalisir Banjir,.PUPR Pekanbaru dan BPJN Riau Wilayah Riau Kementerian PUPR Survei di 3 Titik Genangan Air

Jumat, 30 September 2022 | 18:01:27 WIB | Di Baca : 3181 Kali
Minimalisir Banjir,.PUPR Pekanbaru dan BPJN Riau Wilayah Riau Kementerian PUPR Survei di 3 Titik Genangan Air

 

Seriau,- Guna mengatasi masalah banjir di jalan potokol Dinas PUPR Kota Pekanbaru melakukan Join Survei Bersama Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Riau Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR guna pengentasan masalah banjir dan genangan dikawasan Jalan Jenderal Sudirman dan Jalan Kaharuddin Nasution, Kamis (29/9).

Pantauan wartawan ini,  peninjauan survei tersebut dihadiri langsung kepala dinas PUPR Kota Pekanbaru Indra Pomi Nasution bersama jajaran terkait BPJN wilayah Riau dengan melihat situasi drainase dan juga parit besar yang ada di Jalan Jendela Sudirman  dan Jalan KH Nasution tersebut. 

Para tim juga melakukan koordinasi dengan masyarakat setempat yang kerap merasakan banjir yang cukup parah, saat Kota Pekanbaru diguyur hujan. 

Menurut Indra Pomi, dalam peninjauan ini untuk kawasan jalan Sudirman terdapat dua titik kawasan banjir dan genangan yang akan  dilakukan perbaikan pada tahun ini. Dimana lokasi tersebut berada di Jalan Jendela Sudirman tepatnya didepan pasar buah  dan didepan Rumah Sakit Awal Bros.

"Untuk dikawasan pasar buah penyebab banjir selama ini dikarenakan selainnya terjadinya penyempitan pada drainase juga terdapat cekungan dikawasan tersebut, " ujarnya.

Sementara itu, untuk kawasan Jalan KH Nasution dimana posisi banjir kerap terjadi di depan toko roti rote yang juga miliki kontur jalan menyerupai cekungan sehingga air hujan terbawa ke lokasi tersebut dan menumpuk karena tidak berfungsinya drainase yang ada. 

"Tadi di KH Nasution ini kita sudah cek, disini ternyata drainase nya ada mengalami kerusakan yang membuat air yang mengalir ke lokasi ini tidak mampu menuju ke parit besar yang ada didekatnya," terang Indra Pomi.

Lanjut Indra Pomi, dalam waktu dekat pihaknya akan melakukan koordinasi dengan pihak kecamatan Bukit Raya untuk mensosialisasikan pembongkaran drainase tersebut karena melihat kerusakan dan penyempitan yang terjadi sudah terlalu parah.

"Solusinya memang harus kita bongkar karena penyempitan drainase ini yang juga menjadi penyebab air itu tidak mengalir ke parit besar makanya setiap hujan selalu banjir," Jelasnya.

Ia pun mengimbau kepada masyarakat untuk tidak melakukan pembuangan sampah sembarangan kedalam drainase dan juga perit yang dapat menyebabkan aliran air terhambat, serta minta masyarakat khususnya pemilik ruko untuk membongkar sendiri drainase yang memang dibuat tidak sesuai dengan aturannya. 

"Jalan Sudirman dan jalan Kaharuddin Nasution merupakan salah satu prioritas dalam penanganan banjir di tahun 2022 ini. Kami juga berterimakasih atas dukungan yang diberikan kementerian PUPR dalam hal ini BPJN wilayah Riau karena sudah mau bekerjasama dalam menangani masalah banjir yang kerap terjadi di Jalan Protokol ini. Meskipun Jalan ini menjadi gawenya nasional namun dalam waktu dekat Jalan Protokol ini akan menjadi tanggungjawab pemerintah provinsi Riau, "tegasnya.

Sementara itu, Made Paus selaku PPK 2.5 provinsi Riau BPJN Riau kepada Riau Pos mengatakan BPJN wilayah Riau akan melakukan peninggian sekitar 1 meter untuk kawasan pasar buah dan pemasangan serta  perbaikan box culvert dikawasan tersebut, sementara untuk kawasan RS Awal Bros, juga akan dilakukan pemasangan box culvert.

"Untuk dikawasan jalan Kaharuddin Nasution BPJN wilayah Riau akan melakukan perbaikan tepatnya di depan rotte bakery, diikawasan ini juga terdapat cekungan dan Gorong-gorong yang patah makanya kita akan lakukan koordinasi dulu agar perbaikannya dapat segera dilaksanakan akhir tahun 2022 ini, " sebutnya.

Indra Pomi Nasution juga mengucapkan terimakasih atas telah diakomodirnya usulan penanganan banjir di 3 titik dikawasan jalan Sudirman dan jalan Kaharuddin Nasution Pekanbaru.

"Kami mengucapkan terimakasih kepada bapak-bapak di kementerian PUPR dan Kepala Balai serja jajaran BPJN Wilayah Riau yang telah memprogramkan jalan Sudirman ini, kami Dinas PUPR Kota Pekanbaru terus bersinergi mengatasi permasalahan genangan air dan perbaikan jalan," katanya (rls)


Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Jalan Simpang SKA Di Perlebar, Ginda: Kita Dukung Semoga Cepat Terlaksana

2

DPC PDI-P Rohil Buka Penjaringan Calon Kepala Daerah Pilkada 2024

3

Open House Hari Kedua di Kediaman Wakil Ketua DPRD Riau Agung Nugroho Dihadiri 3.000 Warga

4

Lapas Bagansiapiapi Bersama Warga Binaan Gelar Shalat Idul Fitri 1445 H

5

Negara Hadir, 85 KK Warga Dusun Terpencil di Pelalawan Riau Kini Nikmati Listrik PLN 24 Jam Jelang Idul Fitri 1445 H