MENU TUTUP

Jelang COD Tahap I Perumda Tirta Siak Gelar Rapat Sama Pemko Pekanbaru, Seremonial COD Tahap I Akan Dihadiri Sri Mulyani

Kamis, 22 September 2022 | 13:52:03 WIB | Di Baca : 996 Kali
Jelang COD Tahap I Perumda Tirta Siak Gelar Rapat Sama Pemko Pekanbaru, Seremonial COD Tahap I Akan Dihadiri Sri Mulyani

 

SERIAU- Perusahan Air Minum Darah (Perumda) Tirta Siak Kota Pekanbaru akan mulai mengoperasikan air bersih atau comissioniong on date (COD) tahap I pada tanggal 30 September 2022. Rencananya COD Tahap I itu akan dihadiri oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani. 

Persiapan jelang COD Tahap I itu terus dilakukan pihak Perumda Tirta Siak dan Pemko Pekanbaru.

Dewan Pengawas Perumda Tirta Siak Ir Hj El Sabrina MT menyampaikan, COD Tahap I itu akan dilaksanakan secara sederhana.

"Jadi jelang COD Tahap I ini kita harus fokus dan target kita tentunya bisa semakin banyak menyerap pelanggan baru. Setidaknya penambahan sambungan baru harus ada setiap tahunnya, sekitar 6000 pelanggan" ujar El Sabrina yang juga merupakan Asisten II Setdako Pekanbaru kepada awak media, Kamis (22/9).

Untuk persiapan COD Tahap I itu, Rabu (21/9) sore Perumda Tirta Siak menggelar rapat evaluasi terakhir bersama Dinas PUPR Kota Pekanbaru, Bapeda Kota Pekanbaru dan asisten II Setdako Pekanbaru El Sabrina.

Lebih jauh El Sabrina menjelaskan, Proyek Kerja Sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) Sistem Penyediaan Air Minun (SPAM) Kota Pekanbaru dinilai sebagai proyek dengan penganggaran terbaik. 

"Untuk itu proyek KPBU SPAM Pekanbaru ini diharapkan bisa memberikan layanan terbaik dalam penyediaan air bersih untuk masyarakat Kota Pekanbaru," ucap El Sabrina. 

Kemudian tambah El Sabrina, KPBU SPAM Pekanbaru juga selesai dalam melakukan rehabilitasi dan peningkatan kapasitas IPA dan reservoir sistem eksisting (termasuk penggantian pompa distribusi) menjadi kapasitas 500 lps dan tentunya harus disalurkan kepada masyarakat Kota Pekanbaru.

"Makanya seremonial COD Tahap I kita lakukan secara sederhana," ungkap El Sabrina.

Sementara itu Direktur Utama Perumda Tirta Siak Kota Pekanbaru Agung Anugrah mengatakan, seremonial COD tahap I akan dilaksanakan di Instalasi Pengolahan Air (IPA) Tampan. "Kita akan laksanakan  secara sederhana atau kecil - kecilan dengan Bapeda, Dinas PUPR , Dewan Pengawas El Sabrina," ujar Agung Anugrah.

Kemudian tambah Agung, seremonial KPBU SPAM Pekanbaru akan dihadiri oleh pihak dari Kementrian Keuangan, dalam hal ini sedang menantikan jadwal dari Mentri Keuangan Sri Mulyani.

"Terkait dengan persiapan, Pemerintah Pekanbaru dalam hal ini  yang dalam hal ini merupakan Dewan Pengawas Perumda Tirta Siak telah melakukan rapat evaluasi tahap akhir," ucapnya.

Lebuh jauh Agung Anugrah juga menyebutkan, KPBU SPAM Pekanbaru merupakan sebuah pekerjaan yang patut didukung oleh semua pihak baik dari Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, hingga masyarakat. 

"Pentingnya air bersih yang sesuai dengan standar Permenkes bisa menyelamatkan banyak pihak, air yang disalurkan kepada masyrakat dipastikan kualitas PH dan kejernihannya," ungkap Agung.

Selain itu jata Agung lagi, air dengan perpipaan bisa mengurangi penggunaan air tanah yang berlebihan yang bisa mengakibatkan kekosongan di dalam perut bumi. (rls)


Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Jalan Simpang SKA Di Perlebar, Ginda: Kita Dukung Semoga Cepat Terlaksana

2

DPC PDI-P Rohil Buka Penjaringan Calon Kepala Daerah Pilkada 2024

3

Open House Hari Kedua di Kediaman Wakil Ketua DPRD Riau Agung Nugroho Dihadiri 3.000 Warga

4

Lapas Bagansiapiapi Bersama Warga Binaan Gelar Shalat Idul Fitri 1445 H

5

Negara Hadir, 85 KK Warga Dusun Terpencil di Pelalawan Riau Kini Nikmati Listrik PLN 24 Jam Jelang Idul Fitri 1445 H