MENU TUTUP

Dihadapan 2.377 Mahasiswa Baru UMRI, Rektor Siap Terima Mahasiswa Asing dari 3 Negara Ini

Ahad, 18 September 2022 | 19:31:00 WIB | Di Baca : 774 Kali
Dihadapan 2.377 Mahasiswa Baru UMRI, Rektor Siap Terima Mahasiswa Asing dari 3 Negara Ini

 

Seriau,- Rektor Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) Dr Saidul Amin dihadapan 2.377 mahasiswa baru mengatakan, Umri tahun depan siap menerima mahasiswa asing dari 3 negara ini. Tiga negara tersebut yakni Malaysia, Thailand dan Kamboja.

" Banyak warga negara indonesia yang tinggal di Malaysia secara permanen tapi tidak bisa kuliah di Malaysia. Riau menjadi salah satu daerah yang paling dekat dengan Malaysia. Oleh sebab itu, tahun depan kita siap menerima  mahasiswa Internasional terutama dari Malaysia, Thailand dan Kamboja," kata Saidul Amin saat membuka  PKKMB dan MASTA Umri, Minggu (18/9) pagi di Kampus Umri Jalan Tuanku Tambusai.

Dikatakan Saidul, para mahasiswa dari luar negeri ini, meminta agar Umri menerima mahasiswa internasional tahun ini, namun Umri belum siap karena masih ada sarana prasarana yang harus disiapkan." 

" Makanya tahun depan, kita pastikan Umri sudah menerima mahasiswa internasional. Kita siapkan dulu sarana prasarana walaupun sudah ada mahasiswa asing ini yang mau kuliah. Tapi tahun ini kita tangguhkan dulu," kata Saidul

Pada kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) dan masa ta'aruf (MASTA) Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) tahun ini diikuti 2.377orang. Dikesempatan tersebut, Saidul menyampaikan bahwa menjadi mahasiswa artinya sudah memasuki kehidupan baru. Dimana, seorang mahasiswa dituntut untuk dewasa dan mandiri serta membentuk jati diri seutuhnya menjadi bermanfaat bagi keluarga, masyarakat dan bangsa melalui pendidikan di perguruan tinggi.

" Tanamkan dalam diri kalian untuk meraih kesuksesan dengan ketangguhan dan kekuatan semangat. Hidup ini adalah pilihan, tergantung pada kekuatan dan usaha diri kita masing-masing. Makanya, siapkan diri dengan baik. Kita harus bekerja keras meraih kesuksesan ini agar mampu bersaing secara lokal maupun internasional," pesan Saidul Amin.

Sementara Ketua Panitia PKKMB UMRI 2022 Jufrizal Syahri yang juga Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Kerjasama dan Al Islam Kemuhammadiyahan mengatakan, PKKMB dan MASTA UMRI 2022/2023 mengangkat tema BEST (Belief, Excellent, Struggle, Thoughtful).

Dirinya menjelaskan, PKKMB dan MASTA merupakan proses mahasiswa baru untuk bisa beradaptasi dengan mengenal lingkungan yang baru, bagaimana bersikap dan bersosialisasi di lingkungan kampus.

Selanjutnya juga, ditanamkan idealisme, kepedulian terhadap lingkungan, menciptakan generasi nasionalisme, rasa gotong royong dan berintegritas." Kegiatan ini juga ajang implementasi merdeka belajar kampus merdeka Kementerian Pendidikan dan pentingnya revolusi industri 4.0," katanya

Adapun rincian dari 2.377 mahasiswa tersebut terdiri dari Fakultas Teknik 283 orang, Fakultas MIPA dan Kesehatan 380 orang, Fakultas Ekonomi dan Bisnis 521 orang, Fakultas Ilmu Komputer 456 orang, Fakultas Ilmu Komunikasi 314 orang, Fakultas Keguruan 102 orang, Fakultas Hukum 163 orang, serta Fakultas Studi Islam 158 orang.

Pembukaan acara tersebut ditandai dengan pemukulan kompang yang dilakukan langsung oleh Rektor UMRI, Dr Saidul Amin dan di dampingi wakil Gubernur Riau, Edy Natar Nasution.

Wagubri Edy Natar Nasution menyambut baik dengan diadakan kegiatan ini. Beliau juga mengatakan bahwasanya pemerintah provinsi Riau juga terus mendukung dan membantu dalam dunia pendidikan dengan memberikan beasiswa Bidikmisi untuk mahasiswa berprestasi dan juga mahasiswa yang kurang mampu yang punya keinginan kuat untuk meneruskan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

" Gantungkanlah cita-cita setinggi-tingginya apa yang adek-adek mahasiswa cita-cita kan hari ini insyaallah jika bersungguh-sungguh Allah akan memberikan jawabannya," pesan Wagubri.

Edy Natar juga memberikan selamat untuk para mahasiswa baru UMRI." Saya ucapkan tahniah kepada anak-anak ini, harapan kita mereka bisa menuntut ilmu dengan baik dan menjadi kader-kader pemimpin di Riau. Jadilah kebanggaan orangtua kalian, kuliah dengan baik," katanya (zal)


Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Didominasi Universitas Ternama di Indonesia, 43 Siswa MAN 2 Pekanbaru Lulus SNBP

2

SMAN 8 Pekanbaru Salurkan Bansos Ramadhan Rp 143 Juta dengan 612 Penerima Paket Sembako

3

Buruh Korban Cacat Akibat Kerja Mengadukan Nasibnya kepada Anggota DPRD Provinsi Riau

4

DPW Iluni UNP Riau Buka Puasa Bersama, Arden: Mari Bangun Sinergisitas dan Perkuat Silaturahmi.

5

Safari Ramadhan 1445, Ginda Burnama Ajak Umat Muslim Ramaikan Masjid