MENU TUTUP

Dukung Pemulihan Ekonomi Indonesia,Trakindo Hadirkan One Stop Solution di Pertambangan melalui Cat MineStar System

Kamis, 15 September 2022 | 10:57:52 WIB | Di Baca : 969 Kali
Dukung Pemulihan Ekonomi Indonesia,Trakindo Hadirkan One Stop Solution di Pertambangan melalui Cat MineStar System

 

SERIAU – Ditengah pemulihan ekonomi, industri pertambangan merupakan salah satu sektor yang memiliki sumbangsih besar bagi pembangunan negeri; harga komoditas tambang tetap tangguh dan menguat secara bulanan, juga terjadi peningkatan permintaan kebutuhan global. PT Trakindo Utama (Trakindo), penyedia solusi alat berat Cat® di Indonesia, mendukung para pelaku industri meningkatkan efisiensi dan performa yang optimal di tengah meningkatnya harga komoditas tambang dengan menegaskan komitmen menjadi one stop solution di pertambangan pada Mining Indonesia 2022 yang diselenggarakan pada 14-17 September 2022 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta.

Mining Product and Application Manager Trakindo Kiswanto menjelaskan komitmen Trakindo mendukung para pelaku industri mewujudkan peningkatan efisiensi kinerja untuk mendapatkan hasil maksimal dengan berbagai macam solusi di pertambangan. 

“Trakindo ingin membantu memaksimalkan bisnis pelanggan pertambangan dari berbagai skala di tengah momentum harga komoditas dan permintaan pasar yang tinggi saat ini. Caranya dengan menghadirkan berbagai inovasi produk alat berat berkualitas, layanan profesional dan andal, serta teknologi canggih, salah satunya adalah Cat® MineStar™ System (MineStar) yang memberikan laporan real time sehingga memberi kemudahan dalam pengambilan keputusan, meningkatkan kualitas pekerjaan dan keselamatan kerja”, ujar Kiswanto kala ditemui di booth Trakindo di Mining Indonesia 2022 yang terletak di Selasar Hall C2, JIExpo, Jakarta. 

Telah dikenal sebagai penyedia alat berat yang andal dan berkualitas, Trakindo juga menghadirkan teknologi terdepan untuk membantu bisnis pelanggan di pertambangan. MineStar adalah sebuah solusi komprehensif yang mengintegrasikan produk, proses, dan sumber daya manusia. Melalui MineStar, mendapatkan laporan yang akurat dan real time mengenai alat berat dan site lebih mudah sehingga pengambilan keputusan pun juga semakin cepat dan tepat, operasional usaha menjadi efektif. Selain itu, pekerjaan operator juga menjadi lebih akurat dan produktif, serta mengurangi risiko insiden keselamatan. 

Kali ini, MineStar hadir dengan berbagai pembaruan fitur teknologi, antara lain: Fitur Terrain for Drilling adalah panduan presisi yang membantu operator menyelesaikan pola drilling secara akurat dan produktif, meningkatkan keselamatan dengan merekam data tentang drilled stratification untuk membantu perencanaan ledakan dan meningkatkan fragmentasi. 

Fitur Command for Dozing berguna untuk meningkatkan keselamatan dan efisiensi dengan memungkinkan operator alat berat jenis dozer bekerja secara remote, sehingga terlindung dari kemungkinan bahaya di site serta menghilangkan paparan kebisingan, debu, dan getaran yang berkepanjangan. Selain keselamatan, fitur ini juga memungkinkan satu operator untuk mengontrol beberapa dozer sekaligus, dozing yang lebih konsisten, dan meningkatkan pemanfaatan peralatan dan efisiensi operator sepanjang shift.

Selain itu, terdapat fitur MineStar Health Equipment Insights berupa alat manajemen data dinamis untuk mengambil keputusan maintenance yang tepat dengan visualisasi data dan alat pelaporan yang mudah digunakan, sehingga bisa mengurangi waktu henti dan mencegah kegagalan alat yang menyebabkan produktivitas berkurang. Selanjutnya, fitur MineStar Edge adalah ekosistem operasional berbasis cloud yang memberi visibilitas ke setiap aspek operasi (mengukur, mengelola, menganalisis) dengan akurasi data hingga 98%, near-real-time information, memungkinkan untuk menjalankan rencana tambang secara efisien dan memberikan kualitas optimal ke site/plant, solusi untuk segala ukuran tambang. Lalu tersedia juga fitur Guardian 2 yaitu sistem canggih dan non-intrusif yang mengurangi kemungkinan insiden berbahaya secara efektif dengan memperingatkan operator dan menganalisis gejala kelelahan, microsleep, atau gangguan lain yang terdeteksi. 

Berbagai pembaruan tersebut melengkapi rangkaian fitur yang sebelumnya sudah ada dan dapat diaplikasikan secara komprehensif maupun secara terpisah. 
Fitur FLEET membantu pelanggan dalam melakukan manajemen armada dengan kemampuan pelacakan dan penugasan semua jenis unit yang bekerja di banyak lokasi, dilengkapi data dan analisis yang detail secara real time. Fitur TERRAIN yang menggunakan teknologi pemanduan canggih untuk melakukan manajemen unit berbasis data sistematis yang tepat waktu. Fitur ini efektif untuk aplikasi pengeboran, dragline, perataan, dan pemuatan dengan tingkat presisi yang tinggi. 

Fitur DETECT akan meningkatkan kewaspadaan operator terhadap keselamatan berkendara; dilengkapi sensor canggih, fitur ini mampu meningkatkan deteksi pada daya pandang yang terbatas di sekitar unit yang bergerak maupun tidak bergerak. Fitur HEALTH untuk memantau kesehatan mesin secara komprehensif, memberi laporan data kerja unit secara terus menerus sehingga dapat mengidentifikasi potensi masalah dari unit tersebut sebelum terjadinya kerusakan. 

Fitur COMMAND memungkinkan pengendalian penambangan jarak jauh, baik secara semi-otonom, atau otonom penuh, dengan teknologi revolusioner membantu bekerja dengan aman dan produktif di berbagai lingkungan yang menantang.

“Untuk mewujudkan performa usaha yang maksimal, pelaku industri pertambangan di Indonesia membutuhkan alat berat dengan kinerja optimal, teknologi canggih, tetapi dengan biaya operasional yang lebih efisien. MineStar dengan berbagai fitur yang ditawarkan dapat menjadi solusi tepat untuk mendorong produktivitas, efisiensi, serta meningkatkan keselamatan kerja di pertambangan. Hingga saat ini, jumlah aset yang menggunakan MineStar meningkat 3 kali lipat di pasar pertambangan dari tahun pertama,” ucap Kiswanto mengenai peran MineStar di pertambangan.

Pada Mining Indonesia 2022, selain MineStar, Trakindo menampilkan produk terbaru yang tepat untuk pekerjaan pertambangan. Large hydraulic excavator Cat 395 dengan kapasitas bucket 7 meter kubik dapat menjadi pasangan yang sempurna untuk off-highway truck kelas 60 ton. Selain itu diperkenalkan juga off-highway truck kelas 100 ton terbaru Cat 777 yang mengalami beberapa peningkatan di sisi performa, ketangguhan, efisiensi, juga kenyamanan. 

Trakindo berharap dengan menyediakan berbagai solusi pertambangan, para pelaku industri dapat memanfaatkan tren positif harga komoditas untuk membantu meningkatkan efisiensi dan mendorong produktivitas.
 
“Dengan kualitas produk dan teknologi kelas dunia, didukung layanan purna jual dengan kemampuan dealership Trakindo yang tersebar di seluruh Indonesia, kami berkomitmen untuk memajukan pelanggan dengan menyediakan one stop solution di pertambangan,” tutup Kiswanto. (rls)
 


Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Jalan Simpang SKA Di Perlebar, Ginda: Kita Dukung Semoga Cepat Terlaksana

2

DPC PDI-P Rohil Buka Penjaringan Calon Kepala Daerah Pilkada 2024

3

Open House Hari Kedua di Kediaman Wakil Ketua DPRD Riau Agung Nugroho Dihadiri 3.000 Warga

4

Negara Hadir, 85 KK Warga Dusun Terpencil di Pelalawan Riau Kini Nikmati Listrik PLN 24 Jam Jelang Idul Fitri 1445 H

5

Wujudkan Momen Manis Silahturahmi Dengan Berkendara #Cari Aman