MENU TUTUP

MAN 2 Pekanbaru Paling Banyak Loloskan Siswa ke KSN Tingkat Nasional, Muliardi: Kita Beri Apresiasi

Ahad, 11 September 2022 | 17:02:07 WIB | Di Baca : 1259 Kali
MAN 2 Pekanbaru Paling Banyak Loloskan Siswa ke KSN Tingkat Nasional, Muliardi: Kita Beri Apresiasi

 

Seriau,- MAN 2 Pekanbaru paling banyak mengirimkan siswanya ke Kompetisi Sains Nasional (KSN) Tingkat Nasional 2022. Jumlah siswa yang lolos ke KSN Nasional sebanyak 14 orang dan langsung mendapat apresiasi dari Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Riau  Dr H Muliardi.MPd.

" Dari 52 siswa yang mewakili Riau, 14 siswa merupakan siswa MAN 2 Pekanbaru. Ini membuktikan bahwa siswa Madrasah tidak hanya menjuarai Kompetisi Siswa Madrasah (KSM) saja, tapi juga Kompetisi Sains Nasional (KSN) yang dilaksanakan Kemendikbud Ristek RI," kata Muliardi, Minggu (11/9) di MAN 2 Pekanbaru.

Muliardi juga memberikan apresiasi kepada kepala sekolah dan guru MAN 2 Pekanbaru yang telah bersusah payah mengantarkan siswa ke KSN Nasional. Dirinya juga berpesan agar sekolah tetap mempertahankan sistem yang telah berjalan seperti pembinaan kepada siswa KSM dan KSN yang mewakili Riau. 

Program pembinaan ini harus tetap berjalan. Namun yang tak kalah penting, siswa yang punya kecerdasan secara IQ, juga perlu ditanamkan nilai kepribadian, karakter dan ahklak yang baik bagi siswa. Sebab, proses pembelajaran sebenarnya di sekolah, adanya perubahan perilaku dari siswa itu sendiri.

mengenai target yang diberikan kepada siswa MAN 2 Pekanbaru, Muliardi menargetkan siswa MAN 2 Pekanbaru agar bisa membawa  medali pulang ke Riau minimal medali perunggu." Biasa setiap KSN, siswa MAN 2 Pekanbaru selalu membawa pulang medali emas dan perak. Target kita minimal, ya medali perunggu," ujar Muliardi.

Sementara itu, Kepala MAN 2 Pekanbaru, Ghafardi SAg, M.PdI bangga siswanya bisa menjadi peserta terbanyak KSN yang mewakili Riau. Dalam seleksi tingkat kota, jumlah siswa yang ikut seleksi 24 orang. Namun setelah seleksi ke tingkat provinsi, berhasil lolos 14 orang dan merupakan sekolah paling banyak mengirimkan peserta ke tingkat nasional mewakili Riau.

" Alhamdulillah 14 siswa yang lolos ke KSN tingkat nasional ini pun menyebar ke 9 bidang lomba yang di pertandingkan. Ini artinya setiap bidang lomba, siswa kita bertanding," kata Ghafardi, Minggu (11/9) pagi di MAN 2 Pekanbaru

Ghafardi juga menyampaikan, sebelum perlombaan KSN Tingkat Nasional, siswa MAN 2 Pekanbaru mewakili Riau akan diberi pelatihan dan pembinaan oleh universitas ternama yang selama ini telah memberikan pembinaan kepada siswa MAN 2 Pekanbaru. Pembinaan siswa ini penting, untuk menyiapkan mental juara dan kemampuan siswa MAN 2 sebelum perlombaan KSN Tingkat Nasional.

" Selama ini, setiap KSN tingkat nasional, siswa MAN 2 Pekanbaru selalu membawa pulang medali emas, perak dan perunggu ke sekolah. Tahun ini, target kita juga medali emas," kata Ghafardi.

Ke 14 siswa MAN 2 Pekanbaru lolos KSN Nasional yakni M. Ardhito Prawidya bidang lomba Astronomi,  M Iqbal Maulana Zita (Biologi), Raisa  Tri Cahyani (Ekonomi) Najwa Nafisah Putri (Ekonimi) M Akeel Sis Areliano (Fisika) Diandra Khalil Ramadhan (Geografi) Arifin Zuhdi (Geografi). M Naufal Muzaki (Informatika) M. Arkan Anzuye (Informatika) Ashil Nadhifa (Kebumian) Nadya Aisyah Abdallah (Kebumian),M Afif Al-Amin (Kimia) Kaisa Kamila Putri Pornomo (Kimia) dan Khairul Umam (Matematika). (zal)


Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Benny Langsung Sembelih Hewan Kurban, SMAN 13 Pekanbaru Potong 4 Hewan Kurban

2

Kurikulum Merdeka Ditanah Air, Memerdekakan Pendidikan Ditanah Melayu

3

Buka Tutup. Gelper di Dumai Jadi Lahan Mencari Uang Setoran

4

Suwandi Pimpin Rapat Persiapan Idul Adha dan Pelaksanaan Kurban

5

Gelar Aksi Bersih dan Olah Sampah, PLN Berkolaborasi dengan Masyarakat Pelestari Lingkungan serta Perkumpulan Pengelola Sampah dan Bank Sampah Nusantara di Pekanbaru