MENU TUTUP

BGP Riau Taja Lomba Memo Ajar Aksa Bagi Guru. Ini Kategori Lomba, Waktu dan Syaratnya

Kamis, 08 September 2022 | 14:20:15 WIB | Di Baca : 1518 Kali
BGP Riau Taja Lomba Memo Ajar Aksa Bagi Guru. Ini Kategori Lomba, Waktu dan Syaratnya

 

Seriau,- Balai Guru Penggerak (BGP) Provinsi Riau mengelar lomba Media dan Model Pembelajaran Serta Aksi Nyata atau disingkat dengan sebutan Memo Ajar Aksa. Lomba yang pertama ditaja oleh BGP Riau diperuntukan bagi tenaga pendidik/pamong di Riau

Kepala Balai Guru Penggerak (BGP) Provinsi Riau Reisky Bestary MPd mengatakan lomba Memo Ajar Aksa ini dibagi dalam 3 kategori. Pertama, Model pembelajaran yang diperuntukan bagi komunitas belajar. Syarat untuk kategori ini seluruh komunitas belajar yang sudah menuntaskan 7 topik di Platform Merdeka Mengajar (PMM). Selain itu, komunitas belajar ini juga sudah terdaftar di PMM.

Selanjutnya kategori Media Pembelajaran Guru Pendidik Perorangan. Syarat kategori ini, peserta juga menuntaskan 7 topik di PMM dan menggugah media pembelajaran tersebut sebagai bukti karya di PMM. Ketiga, kategori Aksi Nyata Guru Pendidik Perorangan. Syaratnya, guru juga menuntaskan 7 topik di PMM dan menggungah aksi nyata di PMM. Lomba Memo Ajar Aksa ini sudah dimulai sejak 1 September hingga 31 Oktober. 

Sementara untuk pembekalan teknis lomba Memo Ajar Aksa dilakukan secara daring (zoom dan kanal youtube) tanggal 8 September. Pembekalan teknis ini diikuti Penjab IKM disetiap Dinas Pendidikan kabupaten kota dan provinsi dan guru yang ingin mengikuti lomba Memo Ajar Aksa.

" Hingga tanggal 7 September ini, sudah ada guru yang mendaftar sebanyak 33 guru untuk ketiga kategori. Peserta lomba tidak kita batasi," kata Reisky didampingi ketua panitia lomba Memo Ajar Aksa, Robi, Rabu (7/9) di Pekanbaru.

Tujuan lomba Memo Ajar Aksa, kata Reisky, untuk momotivasi guru meningkatkan kompetensi pendidik terutama literasi, numerasi digitalisasi serta mendorong guru terlibat aktif dalam belajar mengunakan PMM. 

Penilaian hasil lomba oleh dewan juri dilaksnakan 1 November sampai 24 November. Dewan juri berasal dari unsur akademisi perguruan tinggi dan  fungsional BGP (Pengembang Teknologi Pembelajaran (PTP) dan Widia Prada (WP). 

Bagi pemenang lomba, selain mendapatkan hadiah menarik, kata Riesky, hasil karyanya akan dijadikan model yang diterapkan diseluruh satuan pendidikan dengan jenjang yang disesuaikan serta tetap mendapatkan pendampingan BGP Riau.

Selain itu, hasil karya pemenang tetap mencantumkan nama penulisnya." Pengumuman pemenang lomba Memo Ajar Aksa akan diumumkan pas waktu Hari Guru Nasional (HGN) 25 November mendatang," tutur Reisky. (zal)


Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Jalan Simpang SKA Di Perlebar, Ginda: Kita Dukung Semoga Cepat Terlaksana

2

DPC PDI-P Rohil Buka Penjaringan Calon Kepala Daerah Pilkada 2024

3

Open House Hari Kedua di Kediaman Wakil Ketua DPRD Riau Agung Nugroho Dihadiri 3.000 Warga

4

Negara Hadir, 85 KK Warga Dusun Terpencil di Pelalawan Riau Kini Nikmati Listrik PLN 24 Jam Jelang Idul Fitri 1445 H

5

Wujudkan Momen Manis Silahturahmi Dengan Berkendara #Cari Aman