MENU TUTUP

KUA - PPAS APBD 2023 Mulai di Bahas DPRD Dengan TAPD

Rabu, 07 September 2022 | 12:21:31 WIB | Di Baca : 2100 Kali
KUA - PPAS APBD 2023 Mulai di Bahas DPRD Dengan TAPD

 

SeRiau- DPRD Pekanbaru bersama Pemerintah Kota Pekanbaru mulai membahas draft rancangan Kebijakan Umum Anggaran dan Plafon Prioritas Sementara (KUA-PPAS) APBD tahun 2023, pada Senin (5/9/2022) kemarin di Ruang Paripurna. Saat ini, pembahasan rancangan anggaran murni tersebut belum sepenuhnya terperinci dengan jelas dan masih dalam tahap pembahasan awal.

Rapat tersebut dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Pekanbaru Muhammad Sabarudi ST didampingi Tiga Wakil Ketua lainnya, Ginda Burnama ST, Tengku Azwendi Fajri SE dan Ir Nofrizal MM. Sementera, Pemko Pekanbaru dihadiri oleh Ketua TAPD yang juga Sekda Kota Pekanbaru Muhammad Jamil.

"Kemarin kita rapat dengan TAPD itu masih ekspose tentang KUA-PPAS. Untuk gambarannya itu menjelaskan nilai-nilai terkait dengan berapa PAD, berapa dana transfer hingga berapa jumlah nilai total didalam APBD 2023," kata Ketua DPRD Pekanbaru Muhammad Sabarudi ST saat dijumpai diruangannya, Selasa (6/9/2022).

Sabarudi mengatakan, APBD tahun 2023 diperkirakan berjumlah sebesar Rp 2,650 Triliun. Angka ini meningkat dibandingkan APBD tahun 2022 sebesar Rp 2,560 Triliun.

"Tentu angkanya ini meningkat dan pertimbangan masa pandemi yang sudah mulai melandai, aktivitas ekonomi sudah berjalan dengan baik dan ini tentu ada peningkatan-peningkatan yang diproyeksikan berkaitan dengan PAD dan segala macam," jelasnya.

Didalam draft KUA-PPAS rancangan APBD 2023, Kata Sabarudi, Pemko Pekanbaru juga akan mengoptimalisasi anggaran dalam APBD untuk pengendalian inflasi daerah.

"Saya belum mengerti betul karena ini sifatnya baru ekspos. Yang jelas, dalam gambaran KUA-PPAS untuk APBD 2023 ini ada kebijakan-kebijakan terkait anggaran untuk menekan dan mengatasi inflasi di Kota Pekanbaru," paparnya.

Sabarudi menyampaikan bahwa berbagai program-program prioritas yang disusun Pemko Pekanbaru dalam APBD 2023 dinilai lebih pro rakyat.

"Pj Walikota berkomitmen bahwa anggaran murni 2023 itu sifatnya untuk masyarakat. Jadi hal-hal yang mendasar pada masyarakat tentu akan lebih diprioritaskan. Salah satunya mengatasi persoalan banjir, sampah, dan jalan rusak," ucapnya.

Selain itu, Sabarudi mengungkapkan bahwa berbagai program bantuan masyarakat juga akan dianggarkan oleh Pj Walikota Pekanbaru Muflihun dalam rancangan APBD 2023.

"Beliau menyampaikan kepada saya bahwa ada program-program bantuan stimulan untuk membantu masyarakat tetapi kita belum bahas itu secara detail. Tapi beliau sudah memberikan sinyal, jadi nanti tergantung bagaimana pembahasan di Banggar," ungkapnya.

Politisi PKS ini menyambut baik Pj Walikota Muflihun akan mengucurkan anggaran bantuan stimulus masyarakat dalam R-APBD 2023. Bantuan ini dinilai penting untuk membantu dan meringankan beban ekonomi masyarakat.

"Pada prinsipnya, saya pribadi menilai bantuan stimulus itu bagus karena masyarakat itu perlu diberikan bantuan stimulan apalagi pada masa pandemi yang sudah melanda hampir 3 tahun sehingga ini perlu dibangkitkan semuanya," tutup Sabarudi.(***)


Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Jalan Simpang SKA Di Perlebar, Ginda: Kita Dukung Semoga Cepat Terlaksana

2

DPC PDI-P Rohil Buka Penjaringan Calon Kepala Daerah Pilkada 2024

3

Negara Hadir, 85 KK Warga Dusun Terpencil di Pelalawan Riau Kini Nikmati Listrik PLN 24 Jam Jelang Idul Fitri 1445 H

4

Wujudkan Momen Manis Silahturahmi Dengan Berkendara #Cari Aman

5

Sambut Mudik 2024, PLN Tambah 5 SPKLU di Riau