MENU TUTUP

Milad Ke-60 UIR, Mantan Rektor UIR Terima Pin Emas dan Orasi Ilmiah dari Alumni

Senin, 05 September 2022 | 23:36:39 WIB | Di Baca : 1142 Kali
Milad Ke-60 UIR, Mantan Rektor UIR Terima Pin Emas dan Orasi Ilmiah dari Alumni

 

Seriau,- Universitas Islam Riau (UIR) menggelar rapat istimewa senat dalam rangka milad ke-60, Senin (5/9). Rapat istimewa senat ini dihadiri Sekretaris Daerah Provinsi Riau, SF Hariyanto yang juga alumni UIR menyampaikan orasi ilmiahnya

Dalam acara milad tersebut, sejumlah mantan rektor UIR juga hadir. Kepada mereka, dan ahli waris yang hadir, Rektor menyerahkan pin emas sebagai bentuk terima kasih atas pengabdian selama memimpin UIR.

Mereka yang hadir adalah Dra. Idar Rawi, perwakilan Alm. H. Rawi Kunin, SH selaku rektor UIR Periode 1982 –1989 dan 1989–1993. Kemudian, Prof. Dr. H. Tengku Dahril, M.Sc (Periode 1993 –1997 dan 1997 – 2001).

Selanjutnya Prof. Dr. H. Hasan Basri Jumin, M.Sc (Periode 2001 – 2005 dan 2005 – 2009) dan Prof. Dr. H. Detri Karya, SE., MA (Periode 2009 – 2013 dan 2013 – 2017). Mereka didaulat ke depan forum untuk menerima pin emas.

Dalam sambutannya, Rektor UIR, Prof Dr Syafrinaldi SH MCL mengatakan sejumla perkembangan UIR.  Dimana, saat ini UIR telah memiliki alumni sebanyak 67.394 orang." Salah satunya adalah Sekdaprov Riau yang merupakan alumni Fakultas Teknik," ujarnya. Saat ini, UIR memiliki 28.164 orang mahasiswa aktif yang tersebar di 42 Prodi.

Rektor menambahkan, ada sejumlah prestasi yang telah diukir UIR di usia ke-60 tahun. Di antaranya, UIR merupakan satu dari 22 kampus di dunia yang telah mendapatkan funding dari German Academic Exchange." Dimana, lewat program ini, dua mahasiswa UIR, Naurah Dwi Rengganis dan Randy Wira Andhika selama satu semester Genap 2021/2022 lalu duduk di bangku kuliah di kampus Fachhochschule Dortmund Jerman dan Universitaet der Bundeswehr Muenchen," ujar Rektor.

Sebaliknya, dua mahasiswa Jerman ada yang kuliah di UIR. Dua orang mahasiswa Jerman itu adalah Elif Dogankilic dan Julius Harder dari Fachhochschule Dortmund Jerman. Mereka menimba ilmu di UIR selama satu semester.

Tak hanya mahasiswa, dua orang Guru Besar Jerman, Prof. Dr. Michael Bohne dan Prof. Dr. Stefan Koos yang masing-masing dari Fachhochschule Dortmund Jerman dan Universitaet der Bundeswehr Muenchen juga berkunjung ke UIR untuk serangkaian kegiatan akademik dan non akademik.

Demikian juga dengan satu orang Profesor dan tiga Dosen UIR, yaitu Prof. Dr. Syafrinaldi, SH., MCL; Dr. Firdaus, SE., M.Si.Ak, CA; Dr. admiral, SH., MH dan Dr. Rendi Prayuda, M.Si. berkunjung ke Fachhochschule Dortmund dan Universitaet der Bundeswehr Muenchen, Jerman untuk kegiatan yang sama. Semua kegiatan itu Sebagian besar dibiayai oleh DAAD Jerman.

UIR juga menjadi kampus terbanyak meraih hibah penelitian di LLDikti Wilayah X pada tahun 2022. UIR bersama 11 PTS lainnya juga dinyatakan sebagai kampus terbaik penyelenggaraan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).
Karena prestasi itu, UIR menerima dana sebesar Rp900 juta dalam bentuk kegiatan riset dan pengabdian kepada masyarakat dari Kemendikbudristek.

Di bulan April 2022, UIR kembali dipercaya pemerintah untuk menambah Prodi Magister Manajemen. "Ini merupakan Prodi ke 42 bagi UIR," tuturnya. UIR juga berbangga hati karena jadi satu-satunya PTS di Sumatera yang menyelenggarakan Program Doktor Ilmu Hukum. (zal)


Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Jalan Simpang SKA Di Perlebar, Ginda: Kita Dukung Semoga Cepat Terlaksana

2

DPC PDI-P Rohil Buka Penjaringan Calon Kepala Daerah Pilkada 2024

3

Open House Hari Kedua di Kediaman Wakil Ketua DPRD Riau Agung Nugroho Dihadiri 3.000 Warga

4

Lapas Bagansiapiapi Bersama Warga Binaan Gelar Shalat Idul Fitri 1445 H

5

Negara Hadir, 85 KK Warga Dusun Terpencil di Pelalawan Riau Kini Nikmati Listrik PLN 24 Jam Jelang Idul Fitri 1445 H