MENU TUTUP

560 Mahasiswa Penerima Beasiswa UMRI Diajari Softskill

Senin, 22 Agustus 2022 | 17:12:20 WIB | Di Baca : 1256 Kali
560 Mahasiswa Penerima Beasiswa UMRI Diajari Softskill

 

Seriau,- Sebanyak 560 mahasiswa penerima beasiswa di Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) memperoleh pelatihan softskill dan hardskill. Kegiatan pengembangan softskill dalam peningkatan mutu akademik berlangsung selama 4 hari hingga tanggal 26 Agustus.

Ketua Panitia, Dr Jufrizal Syahri, MSi mengatakan tujuan kegiatan ini agar para mahasiswa dengan bekal softskill dan hardskill setelah tamat  mereka bisa langsung bekerja. Dengan ilmu yang mereka dapatkan lewat pelatihan ini, mahasiswa tidak perlu menunggu waktu lama untuk terjun ke dunia bekerja.

" Guna tantangan di masa depan diperlukan mahasiswa bukan lagi sebatas ijazah. Namun, untuk masuk ke dunia kerja, mereka juga dituntut memiliki softskill dan hardskill yang mumpuni. Hal itulah yang ingin diwujudkan lewat kegiatan ini," kata Dr Jufrizal, saat memberikan kata sambutan di acara pembukaan Pengembangan Softskill dan Peningkatan Mutu Akademik, Senin (22/8) di Hotel Pangeran Pekanbaru.

Dari 560 peserta, kata Jufrizal, merupakan penerima beasiswa berprestasi, beasiswa bidik misi dan tahfiz Quran Pemprov Riau terdiri dari tiga angkatan, mulai 2019, 2020 dan 2021. Dalam kegiatan ini ada sejumlah materi yang akan disampaikan pada mahasiswa. Mulai dari softskill, hardskill dan field trip. Narasumber yang dihadirkan berasal dari dalam dan luar negeri. Seperti Borrys Hasian yang merupakan Google UI/UX Expert Head of Design and Research at ALAMI.

Ada juga Wira Ramli selaku Founder and Master Trainer Wira Trainindo Riau, Tukardi, ST yang merupakan Trainer Nasional Quantum Learning, serta dosen Universitas Negeri Semarang Prof Dr Putut Marwoto MS. Selanjutnya, penulis buku Wow Public Speaking, Merni Yanti, dan Dr Muh. Samsudin S.Ag, M.Pd dari Majelis Dikti Litbang PP Muhammadiyah. Kemudian, ada Indah Syafira Zata Dini dari LPDP Scholarship Awardee Harvard University.

Sementara Kepala Biro Kesra Setdaprov Riau, Zulkifli Syukur mengatakan Pemprov mengapresiasi kegiatan yang ditaja oleh UMRI ini. Kegiatan ini, tambahnya, sebagai bentuk komitmen Pemprov memperhatikan pendidikan di Riau.

Tahun ini, penerima beasiswa bidik misi dan mahasiswa berprestasi di UMRI adalah 560 orang. Selain dua beasiswa itu, ada juga beasiswa bantuan sosial yang jumlahnya mencapai 692 orang. "Tahun ini, Insyallah akan bertambah menjadi 761 orang," kata Zulkifli Syukur.

Tahun lalu, katanya, total bantuan pendidikan yang disalurkan Pemprov untuk semua program mencapai Rp100 miliar dengan penerima lebih dari 7.500 orang. Tahun ini, Pemprov juga akan membantu kurang lebih dengan angka yang sama. Dari jumlah itu, sekitar 10 persen di antaranya disalurkan untuk UMRI.

Besarnya bantuan beasiswa untuk UMRI bukan tanpa alasan. Zulkifli menekankan bahwa Pemprov melihat UMRI mampu memanajemen kegiatan dengan baik." Selama ini, pertanggungjawabannya juga jelas dan tidak pernah mengalami masalah. Hal itu dianggapnya penting, karena beasiswa merupakan uang negara yang harus dipertanggungjawabkan," ujarnya

Rektor UMRI, DR Saidul Amin MA saat membuka acara melalui video dari Malaysia mengucapkan terima kasih kepada Pemprov Riau yang banyak membantu lewat beasiswa kepada mahasiswa. Diharap, amanah yang diberikan dapat dilaksanakan sebaiknya. Di sisi lain, apa yang sudah diberikan Pemprov, mudah-mudahan meningkat jumlahnya di masa datang.

Saidul juga meminta narasumber membina dan mendidik mahasiswa yang jadi peserta. Sehingga mereka bisa menjadi pribadi yang kuat dan memiliki kemampuan yang mumpuni. Hal itu diperlukan, karena tantangan ke depan lebih kompleks di banding hari ini dan hari lalu." Kepada mahasiswa, diminta agar mengikuti kegiatan sebaik mungkin. Karena, sudah dibantu, maka ke depan, mahasiswa didorong membalas kebaikan Pemprov. Pulanglah ke kampung, pulang ke desa dan berbakti," tutup Saidul (zal)


Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

SE Kadisdik Riau Tentang Larangan Perpisahan di Hotel Dinilai Forkom Waktunya Kurang Tepat

2
Ketua TKD: Ini Kemenangan Masyarakat

Prabowo & Gibran Ditetapkan Jadi Presiden Wakil Presiden Terpilih

3

PT Putra Kemasindo di Sidak  Komisi IV,  Di Warnai Adu Mulut

4

ARA Perkuat Eksistensi Pendidikan di Provinsi Riau

5

Jalan Simpang SKA Di Perlebar, Ginda: Kita Dukung Semoga Cepat Terlaksana