MENU TUTUP

Silat dan Karate di Pertandingkan di KOSN SMK Tingkat Provinsi Riau, Yusri: Dua Cabor Ini yang Siap

Senin, 27 Juni 2022 | 22:27:12 WIB | Di Baca : 553 Kali
Silat dan Karate di Pertandingkan di KOSN SMK Tingkat Provinsi Riau, Yusri: Dua Cabor Ini yang Siap

 

Seriau,- Kompetisi Olahraga Siswa Nasional (KOSN) SMK 2022 resmi dibuka oleh Plt Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau yang diwakili Kepala Bidang SMK Disdik Riau, DR Eng Yusri S.Pd MT, Senin (27/6) sore di Hotel Angkasa Pekanbaru. Lomba diikuti oleh 44 peserta dari 12 kabupaten/kota ini mempertandingkan dua cabang olahraga yakni Pencak Silat dan Karate.

Kepala Bidang SMK Disdik Riau, DR Eng Yusri S.Pd MT menjelaskan bahwa minimnya Cabor yang diperlombakan bukan karena pengaruh pandemi. Melainkan, ini hasil dari kesepakatan yang diambil Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) di kabupaten kota. Tahun ini, dengan berbagai pertimbangan, pusat meminta hanya dua Cabor. Yaitu pencak silat dan karate." Cabor yang diperlombakan ini termasuk berdasarkan pertimbangan dari daerah. Cabor mana yang siap dari segi ketersediaan pesertanya," kata Yusri, Senin (27/6) usai acara pembukaan di Hotel Angkasa Pekanbaru

Yusri mengatakan kompetisi ini juga bentuk berkomitmen tinggi Disdik dalam meningkatkan visi misi pendidikan di Riau. Baik akademik maupun non akademik. Dirinya berharap KOSN melahirkan bibit unggul di bidang olahraga. Hal itu sejalan dengan semangat dan komitmen SMK Bisa yang digaungkan dalam pendidikan kejuruan.

" Tidak hanya memiliki kompetensi kerja yang baik, tapi juga memiliki kemampuan soft skill. Lulusan SMK harus bisa berkomunikasi dengan baik, berintegrasi, berinteraksi, mampu bekerjasama dengan pihak lain. Lewat kompetisi ini, hal-hal itu bisa ditunjukkan," kata Yusri.

Sementara Ketua Panitia, Isnorijal MM mengatakan dalam KOSN tahun ini, Riau mempertandingkan dua Cabor saja dengan empat kategori lomba. Yaitu, Cabor pencak silat yang diikuti 22 orang. Dimana, silat kategori jurus tunggal putra dan silat kategori jurus tunggal putri masing-masing diikuti 11 peserta.

Cabor karate, kategori kata putra diikuti 11 peserta dan kategori kata Putri 11 peserta. Sementara, ada 12 guru pendamping yang ikut dalam kompetisi tersebut. KOSN SMK ini akan berlangsung hingga, Rabu (29/6)." Para peserta ini merupakan atlet-atlet terbaik dari daerahnya masing masing," kata Isnorijal.

Tujuan dati KOSN ini, kata Isnorijal, terpilihnya peserta didik yang unggul di bidang olahraga. Mereka inilah yang diharap mampu mengukir prestasi di tingkat provinsi maupun nasional. 

Selain itu, KOSN juga bertujuan untuk menjaga kesehatan jasmani dan rohani siswa, memacu terjadinya peningkatan mutu pendidikan olahraga, meningkatkan persatuan generasi muda, meningkatkan kreativitas peserta didik serta menyebarluaskan nilai luhur keolahragaan dan menjunjung tinggi sportivitas di antara siswa SMK

Acara pembukaan KOSN ini juga diselingi dengan defile para atlet serta penandatanganan pakta integritas dewan juri yang bakal bertugas memimpin perlombaan. Hadir juga dalam kegiatan tersebut Kabid PKPLK Disdik Riau Pahmijan, Kepala Cabang Dinas Wilayah I, II, II dan IV dan Ketua MKKS SMK 12 kabupaten/ kota di Riau (zal)


Loading...
Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Secara Daring Hybrid, 883 Peserta se- Riau Ikuti FLS2N SMA/MA Tingkat Provinsi

2

Tingkatkan Safety Awareness Pekerja dan Mitra Kerja, PT KPI RU II Dumai Gelar Mindset Culture Day

3

UAS Ajak Warga Riau Berwakaf Bangun Gedung Tajdid Center UMRI

4

Status SMAN Olahraga Provinsi Riau Jadi SKO Tunggu Pergub, Kepsek: Masih di Biro Hukum

5

Kolaborasi Capella Honda dan PT Telkom Akses Riau dalam Keselamatan Kerja