MENU TUTUP

Rektor: Lulusan Umri Jangan Hanya Mencari Kerja Tapi Ciptakan Lapangan Pekerjaan

Ahad, 12 Juni 2022 | 00:59:59 WIB | Di Baca : 1417 Kali
Rektor: Lulusan Umri Jangan Hanya Mencari Kerja Tapi Ciptakan Lapangan Pekerjaan

 

Seriau,- Rektor Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) Dr Saidul Amin mengatakan lulusan Umri jangan hanya mencari kerja saja, tapi alumni bisa menciptakan lapangan pekerjaan seluas luasnya untuk banyak orang.

" Alumni harus dapat merubah maindset bahwa lulusan UMRI bukan lagi hanya untuk mencari pekerjaan. Tetapi harus dapat menciptakan lapangan pekerjaan," kata Rektor dihadapan para wisuda UMRI ke 22 di SKA Co Ex Pekanbaru, Sabtu (11/6).

Selain alumni bisa menciptakan lapangan pekerjaan, kata Rektor, semua alumni UMRI harus mempunyai nilai keislaman dan kemuhammadiyahan sehingga mereka menjadi duta-duta Muhammadiyah di tengah masyarakat yang berdakwah dengan mencerahkan." Dakwah yang tidak parsial, dakwah yang tidak rasial, tapi dakwah yang bersifat universal yang rahmatan lil alamin," kata Rektor.

Rektor juga berpesan agar seluruh alumni yang telah menamatkan pendidikannya dapat membahagiakan kedua orang tuanya. Apalagi peran orang tua sangatlah menentukan keberhasilan para alumni karena selama duduk di bangku kuliah hingga selesai, orang tua lah yang telah mensupport, mendoakan dan berjuang dalam membiayai kebutuhan perkuliahan anaknya. 

"Bahagiakanlah orang tua karena peran orang tua juga yang menentukan keberhasilan kalian. Tunjukkan baktimu sebagai anak dan jadilah lulusan yang berguna di tengah masyarakat," ujarnya

Sementara, Ketua LLDIKTI Wilayah X, Afdalisma Mpd memberikan selamat kepada civitas akademik UMRI  yang hari telah melaksanakan prosesi wisuda ke-22. Afdalisma juga  berpesan lulusan UMRI jangan terlalu berharap besar terhadap formasi ASN yang saat ini sangat terbatas. Lulusan UMRI harus mampu membuka peluang dan menciptakan lapangan kerja dan jadi enterpreneur sejati  yang  bisa bermanfaatkan bagi masyarakat.

Asisten I Setdaprov Riau, Masrul Kasmy yang hadir mewakili Gubernur Riau menyampaikan selamat dengan diwisudanya 427 lulusan ini. Menurut dia, perguruan tinggi harus mengantarkan manusia yang seutuhnya. Memahami potensi diri, peka pada kondisi lingkungan dan sebagainya. 

Kemajuan digital sangat pesat. Bahkan, berbagai kebijakan di dunia diambil berdasarkan data digital. Pakar menyebut era ini sebagai revolusi industri 4.0. Semua jenis dan bidang usaha organisasi di era teknologi revolusi meyakini kesuksesan usaha dipengaruhi ketepatan dan kecepatan volume data digital.

" Ini jadi cambuk kita bersama agar perguruan tinggi mampu meningkatkan kualitas alumninya. Harapan besar pada wisudawan, lewat semangat intelektual yang dimiliki wisudawan mampu mendorong pembangunan Riau," ujar Masrul

Berdasarkan data yang diterima jumlah lulusan yang diwisuda sebanyak 427 orang dengan rincian 61 orang dari Fakultas Teknik, 79 dari Fakultas MIPA dan Kesehatan, 157 dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, 86 orang Fakultas Ilmu Komputer, 29 dari Fakultas Ilmu Komunikasi, 11 dari FKIP dan 4 orang dari Fakultas Ilmu Hukum. Dari jumlah tersebut, Desti Arnita Juandri dari Prodi Keperawatan dengan IPK 3,89 sebagai pemuncak tingkat universitas. (zal)


Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Pererat Silaturahmi, Siwo PWI Riau dan Bank BJB Gelar Buka Bersama

2

PLN Siaga Pastikan Keandalan Pasokan Listrik Selama Idul Fitri 1445 H

3

Dukung Mudik Kebangsaan, PT KPI Unit Dumai Turut Melepas Rombongan Pemudik dengan Dua Unit Bus Gratis

4

Rangkaian Ramadan Ceria UMRI Ditutup dengan Buka Puasa Bersama

5

Disponsori Perusahaan Migas, DPP PKWACI Sukses Buat Acara Berbuka Puasa dan Berbagi Paket Lebaran