MENU TUTUP

UIR Masuk Deretan World Class University

Jumat, 10 Juni 2022 | 11:04:39 WIB | Di Baca : 912 Kali
UIR Masuk Deretan World Class University

 

Seriau,- Universitas Islam Riau (UIR) terus bertekad meningkatkan kualitas pendidikan tinggi berbasis islam pada lembaga dengan memenuhi serta melengkapi berbagai instrumen pendukung agar dapat bersaing di tingkat dunia.

Tak ayal melalui visi UIR 2021-2041 yaitu “To Be World Class Islamic University Based on Iman and Taqwa” UIR sebagai institusi pendidikan dengan langkah pasti mewujudkan universitas islam berkelas dunia dengan melaksanakan berbagai bentuk kerjasama, penelitian, pendidikan, pengembangan ilmu pengetahuan, dan pengabdian masyarakat yang berskala global dan internasional.

Salah satu parameter untuk masuk pada jajaran world class university adalah dengan masuk penilaian oleh World Class University (WCU) Analysis yang merupakan integrasi sistem Science and Technology Index Kemdikbud dengan indikator pemeringkatan Quacquarelli Symonds (QS) World University Ranking (WUR) yang dikembangkan oleh Direktorat Kelembagaan Ditjen Dikti Ristek.

Sistem ini dibuat untuk mendukung program program world class university di perguruan tinggi di Indonesia. Dengan merujuk pada WCU Analysis tersebut perguruan tinggi di Indonesia diharapkan dapat mengembangkan strategi untuk bertransformasi menuju perguruan tinggi yang bereputasi dan di rekognisi dunia.

Rektor Prof Dr H Syafrinaldi SH MCL mengatakan UIR optimis bisa masuk dalam jajaran world class university oleh WCU Analysis sebagai salah satu pengembangan rencana jangka panjang yang dirinci menjadi rencana strategis (renstra) 2041 yang tertul UIR menjadi perguruan tinggi berkelas dunia

“Alhamdulillah sesuatu yang patut diapresiasi UIR sudah masuk dalam jejaring 20 besar list penilaian bersama universitas lainnya dari sekitar 4500 universitas yang sebelumnya ikut juga berkompetisi, tugas kita saat ini adalah mengisi prestasi-prestasi yang dicapai oleh dosen dengan mengupload beberapa dokumen pada akun yang telah ada sebelumnya di WCU Analysis tersebut,” ujar Syafrinaldi, Kamis 9 Juni 2022.

Lebih lanjut Syafrinaldi mengatakan, ada beberapa indikator-indikator penilaian yang dilakukan oleh WCU Analysis seperti kinerja kelembagaan, mutu akademik, dosen dan mahasiswa asing, rasio dosen dan mahasiswa, serta publikasi dan sitasi.

“Dengan sudah masuknya UIR pada jajaran daftar penilaian oleh WCU Analysis ini merupakan tantangan bersama bukan hanya bagi rektor tetapi bagi seluruh sivitas akademika yang ada di UIR,” imbuh Rektor UIR.

Disamping itu, harapan bagi para civitas akademika UIR tentu harus lebih produktif dalam pengembangan mutu akademik serta prestasi tingkat nasional maupun internasional untuk diisi sebagai amunisi kita untuk menjadi the real world class university.

Masuknya UIR selain mendukung perwujudan renstra 2041 merupakan suatu langkah yang baik dalam mendukung perguruan tinggi agar tidak hanya mengandalkan reputasi semata.

“Melainkan untuk terus berkomitmen dalam upaya mendukung kapasitas dan kualitas pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat yang bermutu dan relevan sehingga dapat menghadapi tantangan nasional serta global secara menyeluruh,” pungkasnya. (zal/ rls)


Loading...
Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Hamdani Bersama Dinas PUPR Kota Pekanbaru Tinjau Parit Warga yang Sebabkan Banjir

2

Kenaikan Tarif Parkir Tidak Cukup Perwako,Ruslan Tarigan : Sebut Cacat Hukum

3

Fatiya Bilqis Bisa Sekolah ,Terima Kasih Pak Hamdani !

4

TNI AL Dumai Gagalkan Pemberangkatan 9 PMI Ke Malaysia, Tekong Terjun Ke Laut

5

Jalin Sinergitas, Kapolres Rohil Temu Ramah Bersama Rekan Media Rohil